Komunis, Liberal dan Pancasila dalam Pandangan Islam

BAGIKAN:

perbandingan ideologi, ideologi komunis dalam islam, liberalisme dalam islam, pancasila menurut islam,


Bismillahirrahmanirrahim

PERBANDINGAN IDEOLOGI KOMUNISME, IDEOLOGI LIBERALISME DAN IDEOLOGI PANCASILA DAN DILIHAT DARI SUDUT PANDANG ISLAM

BAB I

PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang

Sebagai dasar Negara Indonesia Pancasila memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila pada hakikatnya merupakan hasil penuangan atau pemikiran seseorang atau sekelompok orang. Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat istiadat kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat indonesia. Melalui pendidikan pancasila warga Negara Rebublik Indonesia diharapkan mampu memahami, menganalisis dan menjawab masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat bangsanya secara berkesinambungan dan konsisten dan cita-cita dan tujuan nasional seperti digariskan di dalam pembukaan UUD 1945
Pancasila adalah ideologi Bangsa Indonesia. Dengan pedoman pancasila para pendahulu kita bisa mempersatukan berbagai golongan dan kelompok. Selain ideologi pancasila ada banyak ideologi lain yang berkembang didunia yaitu ideologi liberalisme dan komunisme. Kedua ideologi ini memiliki banyak perbedaan dengan ideologi pancasila. Maka dari itu Makalah ini akan membahas berbagai perbedaan ideologi pancasila dengan kedua ideologi yang berkembang didunia.

B.   Rumusan Masalah
  • Apakah ideologi Pancasila itu?
  • Apa saja macam-macam ideologi yang ada?
  • Bagaimana perbedaan pancasila dan ideologi  lain?


C.   Tujuan
  • Mengetahui pancasila sebagai ideologi bangsa
  • Mengetahui berbagai macam ideologi lain
  • Mengetahui perbedaan ideologi pancasila dengan ideologi lain


D.   Manfaat

Makalah ini mencakup manfaat tioritis dan praktis. Manfaat tioritis yaitu memperkaya khasanah pengetahuan tentang berbagai ideologi yang ada di dunia. Manfaat praktis yaitu dengan adanya makalah ini dapat memberikan banyak informasai kepada masyarakat luas dan pembaca pada umumnya dan penulis secara khususnya tentang perbedaan pancasila dengan ideologi lain.


BAB II

PEMBAHASAN

Menurut Al-Marsudi ideologi berasal dari kata Yunani yaitu idein yang berarti melihat atau idea yang berarti raut muka, perawakan, gagasan, buah pikiran, dan kata logia yang berarti ajaran. Dengan demikian ideologi adalah ajaran atau ilmu tentang gagasan dan buah pikiran atau science des ideas.
Menurut Marxisme ideologi diartikan sebagai pandangan hidup yang dikembangkan berdasarkan kepentingan golongan atau kelas sosial tertentu dalam bidang politik atau sosial.

Puspowardoya (1992) menyebutkan bahwa ideologi dapat dirumuskan  sebagai komplek pengetahuan dan nilai yang secara keseluruhan menjadi landasan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami jagad dan bumi seisinya serta menentukan sikap dasar untuk mengolahnya.

Jadi ideologi dapat diartikan sebagai suatau gagasan dan buah pikiran yang dikembangkan secara keseluruhan yang tersusun sistematis untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita suatu Negara.

A.   Ideologi Pancasila

Sebagaimana yang dikemukakan oleh Alfian (BP7 Pusat 1991:1992), Pancasila telah memenuhi syarat sebagai ideologi terbuka khususnya di Negara Republik Indonesia. Sebagai ideologi terbuka pancasila memberikan orientasi ke depan, mengharuskan bangsanya untuk selalu menyadari setuasi kehidupan yang sedang akan dihadapinya terutama menghadapi globalisasi dan era keterbukaan dunia dalam segala bidang. Pancasila sebagai ideologi terbuka memiliki dimensi-dimensi idealitas, normatif, dan realitas.

B.   Liberalisme

Jika dibandingkan dengan ideologi Pancasila yang secara khusus norma-normanya terdapat di dalam undang-undang Dasar 1945, maka dapat dikatakan bahwa hal-hal yang terdapat di dalam liberalisme terdapat dalam pasal-pasal UUD 1945, tetapi pancasila menolak liberalisme sebaagai ideologi yang bersifat absolutisasi dan determinisme.
Liberalisme merupakan paham yang memberikan penekanan kebebasan individu sehingga kesejahteraan bukan menjadi tanggung jawab negara.

C.   Komunisme

Komunisme sebagai anti kapitalisme menggunakan sistem sosialisme sebagai alat kekuasaan sebagai prinsip semua adalah milik rakyat dan dikusai oleh negara untuk kemakmuran rakyat secara merata. Komunisme sangat membatasi demokrasi pada rakyatnya sehingga komunisme juga disebut anti Liberalisme.
Dalam komunisme perubahan sosial harus dimulai dari peran partai Komunis jadi perubahan sosial dimulai dari buruh, namun pengorganisasian buruh hanya dapat berhasil jika bernaung dibawah dominasi partai.

Perbandingan ideologi Pancasila dengan ideologi Liberalime, Komunisme

Ideologi Pancasila
  1. Demokrasi Pancasila hukum untuk menjunjung tinggi keadilan dan keberadaban individu dan masyarakat
  2. Peran negara ada untuk tidak terjadi monopoli, yang merugikan rakyat
  3. Bebas Memilih sala satu agama
  4. Agama harus menjiwai dalam kehidupan Masyarakat berbangsa dan bernegara
  5. Individu diakui keberadaannya dan Masyarakat diakui keberadaannya
  6. Idividu akan punya arti apabila hidup ditengah masyarakat
  7. Keselarasan, keseimbangan dan keserasian dalam setiap aspek kehidupan


Ideologi Liberalisme
  1. Demokrasi Liberal, hukum untuk melindungi individu dalam politik memintingkan individu
  2. Peran negara kecil
  3. Swasta mendominasi
  4. Kapitalisme, Monopolisme
  5. Persaingan Bebas
  6. Agama urusan pribadi
  7. Bebas beragama, bebas memilih Agama
  8. Bebas tidak beragama
  9. Individu lebih penting dari masyarakat
  10. Masyarakat diabdikan bagi individu
  11. Penghargaan atas HAM
  12. Demokrasi
  13. Negara hukum
  14. Reaksi terhadap apsolutime


Ideologi Komunisme
  1. Demokrasi Rakyat
  2. Berkuasa mutlak satu parpol
  3. Hukum untuk melanggengkan Komunis
  4. Peran negara dominan
  5. Demi kolektivitas berarti demi negara
  6. Monopoli negara
  7. Agama candu masyarakat
  8. Agama harus dijauhkan dari masyarakat
  9. Individu tidak penting
  10. Masyarakat tidak penting
  11. Kolektivitas yang dibentuk negara lebih penting
  12. Atheisme, Dogmatis, Otoriter, dan ingkar HAM
  13. Reaksi terhadap Liberalisme dan Kapitalisme


Islam Memandang Ideologi Pancasila

Pancasila disamping falsafah negara yang menjiwai UUD 1945, ia adalah realitas kehidupan dari penduduk asli, yaitu yang dilahirkan dan hidup di kepulauan-kepulauan nusantara yang terbentang dari sabang sampai Merauke.

Bangsa Indonesia adalah golongan besar yang tanah airnya Indonesia yang diikat oleh sifat-sifat yang merupakan tata kehidupan bangsa yaitu Pancasila.

Pancasila berhubangan erat dengan apa yang diajarkan islam seperti yang tertera di Sila yang pertama Ketuhanan yang maha esa menggambarkan bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragama yang mempunyai kepercayaan (iman) kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bahkan Pancasila merupakan sebahagian dari inti ajaran agama islam.

Mengenai sila pertama tentang keTuhanan Yang Maha Esa, dari Ajaran Islam antara lain terdapat ayat yang berbunyi والهكم اله واحد       “Tuhanmu adalah  ESA” sehingga dengan adanya ayat-ayat seperti itu terkenallah islam sebagai agama tauhid dan begitupun dengan sila kedua, ketiga, keempat dan kelima terdapat pada ayat-ayat Al-quran sebagai kitab suci umat islam.



Islam melihat Libelarisme dan Komunisme

Ideologi Libelarisme dan Komunisme sangat bertentangan dengan islam, yang mana ideologi Libelarisme yang mementingkan suatu idividu dan ideologi komunisme yang menghendaki kekuasaan mutlak satu parpol. Dan kedua ideologi ini memandang Agama tidaklah begitu penting bagi mereka.

Ideologi Libelarisme berpendapat bahwa kerja keras adalah ibadah, orang yang malas tidak disukai tuhan, kerja keras, rajin dan tekun adalah bagian dari iman. Bagi mereka orang yang murah rejekinya adalah orang yang mendapat karunia tuhan, Namun Ideologi Liberalisme sangat mementinkan idividu, hal ini  sangat bertentangan dengan islam yang mengajarkan manusia untuk  saling menghargai satu sama lain, karena dimata Allah manusia itu sama, terkecuali orang-orang yang bertakwa.

Ideologi Komunisme yang sifatnya Atheis, tidak mengimani Allah. Orang Komunis menganggap tuhan tidak ada, kalau ia berpikir tuhan itu ada jadilah tuhan ada, maka kesimpulan keberadaan tuhan terserah mereka, tidak menghargai manusia sebagai individu, manusia itu seperti mesin kalau sudah tua rusak jadilah ia rongsokan tidak berguna seperti rongsokan mesin. Ini sangat-sangat bertentangan dengan Ajaran islam, yang mana mengajarkan bahwa Allah itu ada, Allah yang telah menciptakan manusia dan seluruh isi alam ini. Dan Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Jadi, manusia Allah ciptakan untuk saling menyangi dan saling menghargai satu sama lain.

BAB III

PENUTUP

A.   Kesimpulan

Dari pembahasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pancasila adalah bagian dari ideologi bangsa yang diangkat dari nilai-nilai adat istiadat kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat indonesia. Ideologi dapat diartikan sebagai suatu gagasan dan buah pikiran yang dikembangkan secara keseluruhan yang tersusun secara sistematis untuk mewujudkan tujuan dan cita-cita suatu Negara. Pancasila sebagai ideologi bangsa menunjukkan adanya keseimbangan ide dan gagasan serta tidak bersifat absolute dalam memandang manusia dan kehidupan bernegara, sedang Liberalisme dan Komunisme bersifat mutlak atau totaliter. Keduanya juga cenderung menutup mata akan adanya dampak individualisme dan persaingan. Selain itu, jika dibandingkan dengan paancasila.

B.   Saran

Pancasila sebagaimana kita yakini merupakan jiwa kepribadian dan pandangan hidup bangsa indonesia. Karena pancasila merupakan ideologi dari negiri kita. Dengan adanya persatuan dan kesatuan tersebut jelas mendorong usaha dalam menegakkan dan memperjuangkan kemerdekaan. Ini membuktikan dan meyakinkan tentang pancasila sebagai suatu harus kita yakini, karena cocok nagi bangsa indonesia.

Jadi, Indonesia saat ini sangat membutuhkan sebuah ideologi dalam menjalankan pemerintahan ini ke depan. Tidak lain ideologi itu adalah pancasila. Sebelumnya melangkah lebih jauh, sangat perlu kita memahami apa arti dari ideologi dan apa itu pancasila sebenarnya.

KOMENTAR

BLOGGER
islamic'
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,18,Akhir Zaman Ebook,35,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,9,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,4,apk salat,3,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,10,Audio,13,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,4,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,27,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,4,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,26,Download Ebook Kristologi,18,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,6,Ebook Keluarga,3,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,1,Ekonomi Islam,25,Freemasonry,22,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Gusdur,3,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,17,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,10,Komunis,2,Konspirasi Amerika,18,konspirasi zionis,62,Kristologi,54,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,27,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,18,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,13,Permasalahan Islami,19,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,39,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,56,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Best Book,1,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,6,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,9,video sosial eksperimen,4,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,15,
ltr
item
love is rasa: Komunis, Liberal dan Pancasila dalam Pandangan Islam
Komunis, Liberal dan Pancasila dalam Pandangan Islam
perbandingan ideologi, ideologi komunis dalam islam, liberalisme dalam islam, pancasila menurut islam,
https://4.bp.blogspot.com/-BnmJqPpEPjs/WJwIA7a4oAI/AAAAAAAAEK0/6J7u5K1bis4zSSZ8uE7XpaYjy_nbu6eUgCLcB/s640/ideologi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-BnmJqPpEPjs/WJwIA7a4oAI/AAAAAAAAEK0/6J7u5K1bis4zSSZ8uE7XpaYjy_nbu6eUgCLcB/s72-c/ideologi.jpg
love is rasa
http://love-is-rasa.blogspot.com/2017/02/komunis-liberal-dan-pancasila-dalam-islam.html
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/2017/02/komunis-liberal-dan-pancasila-dalam-islam.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Load Semua Postingan Tidak ditemukan postingan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua REKOMENDASI UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan entri sesuai dengan permintaan anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI TERKUNCI PREMIUM Silahkan bagikan untuk mengakses konten Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin