Download Aplikasi Pemberi Harakat Tulisan Arab " Mishkal"

Download Aplikasi Pemberi Harakat Tulisan Arab " Mishkal" | Mishkal | مشكال

Mishkal, merupakan satu software yang berfungsi menambahkan harakat pada kalimat bahasa arab yang masih belum ada harakatnya seperti yang ada dalam kitab-kitab berbahasa arab, kita cukup tulis atau copas tulisan arab yang tak berharakat tadi kedalam software ini, kemudian software ini akan menambahkan harakat pada tulisan tadi.

 
Software ini juga bisa meringatkan tugas kita apabila semisal sedang menulis tulisan berbahasa arab, namun kita masih merasa kesulitan memberi harakat, atau akan menyita waktu kalau harus memberi harakat satu persatu.

Mishkal” ( مشكال). Program ini dikembangkan oleh Thoha Zaruqi seorang developer FOSS asal Algeria(Al Jazair) .

Kegunaan utama dari Mishkal adalah sebagai mesin pembantu pemberi harakat untuk berbagai teks berbahasa Arab disamping memberikan kemudahan dalam proses editing dan koreksi jika dijumpai ada pemberian harakat yang tidak tepat.

Aplikasi Mishkal tidak memerlukan instalasi jadi cukup unduh file program dari situsnya, yang terbaru saat fath mengunduhnya adalah versi untuk windows (mishkal-Desktop-Win-0.1.4) lalu ekstrak file rar nya dan jalankan (dobel klik) file mishkal-gui. 

download Mishkal 
Berikut hingga tampil jendela Aplikasi Mishkal

Tampilan Mishkal

Klik pada tombol (نص عشوائي) untuk memilih teks uji coba yang belum berharakat , ada berbagai sample teks baik yang pendek, menengah maupun panjang, cari dan pilih teks yang agak panjang.

2 contoh sample naskah mishkal

Klik pada tombol (تشكيل)untuk memulai proses pemberian harakat

3 Mishkal proses pemberian harakat

Selesai pemberian harakat.

4 Mishkal selesai pemberian harakat

Pemberian harakat pada teks arab secara otomatis oleh sebuah mesin, tentu masih memerlukan beberapa koreksian secara manual terutama pemilihan harakat pada sebuah kata yang memiliki beberapa kemungkinan harakat sesuai kaedah tasrif atau makna yang dianggap benar dari susunan kata-katanya padahal bukan makna yang kita inginkan. Maka proses editing masih diperlukan untuk menyesuaikan harakat dengan tuntutan makna yang diinginkan. Meski proses pemberian harakat oleh Mishkal tidak sesalu 100% benar, Mishkal tetap memberikan kemudahan kepada sahabat pengguna dalam melakukan proses editing dan perbaikan harakat yang belum tepat.

Sebagai contoh kita mencoba membuat input teks sederhana sebagai berikut :

5 Mishkal uji coba

Lalu Mishkal memproses pemberian harakat

6 Mishkal harakat kurang tepat

Pada tiga kata dalam tiga kalimat terakhir, hasil proses pemberian harakat oleh Mishkal belum sesuai dengan makna yang kita inginkan. Untuk mengeditnya, hanya perlu klik kanan pada kata yang belum sesuai, arahkan kursor pada iqtiraahat tasykil ( اقتراحات التشكيل = saran harakat), lalu pilih pada kata yang sesuai harakat yang diinginkan, cukup mudah bukan ?

8 mishkal perbaikan harokat

Mishkal juga menyediakan fitur pengaturan jenis dan ukuran font arab yang digunakan, open, copy , save dan print teks serta zooming untuk memperpesar atau memperkecil tampilan teks yang sedang diedit.

Mishkal fitur edit

Disediakan juga fitur untuk penyisipan harakat/tanda baca secara manual untuk harakat standar dan beberapa harakat dan huruf yang tidak disediakan oleh keyboard Arabic default. Caranya posisikan kursor pada huruf yang ingin diberi harokat lalu klik icon harokat yang diinginkan.

Mishkal insert tanda baca
Kesimpulannya , jika sahabat berurusan dengan pemberian harakat pada teks-teks Arab yang banyak, Mishkal jelas akan sangat membantu. Bayangkan jika sahabat melakukannya secara manual dengan menggeser tombol arrow (panah) keyboard kekiri lalu memberi harakat pada tiap-tiap huruf satu persatu. Dengan Mishkal, sahabat cukup membukanya via open file atau copy-paste ke Mishkal. Lalu tekan satu tombol tasykiil , maka Mishkalakan memproses sendiri secara otomatis. Selanjutnya sahabat tinggal mengoreksi bagian-bagian yang diperlukan saja hanya dengan klik kanan-pilihkata dan klik sekali.

Silahkan Download Aplikasinya DISINI

COMMENTS

BLOGGER
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,17,Akhir Zaman Ebook,32,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,7,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,3,apk salat,2,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,9,Audio,14,Audio Tajwid,2,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,3,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,25,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,2,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,25,Download Ebook Kristologi,19,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,7,Ebook Keluarga,4,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,3,Ekonomi Islam,24,Freemasonry,21,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,15,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,9,Komunis,3,Konspirasi Amerika,17,konspirasi zionis,60,Kristologi,53,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,24,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Maria Magdalena,1,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,17,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,12,Permasalahan Islami,17,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,35,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,55,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,7,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,10,video sosial eksperimen,5,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,14,
ltr
item
love is rasa: Download Aplikasi Pemberi Harakat Tulisan Arab " Mishkal"
Download Aplikasi Pemberi Harakat Tulisan Arab " Mishkal"
Download Aplikasi Pemberi Harakat Tulisan Arab " Mishkal" | Mishkal | مشكال
http://2.bp.blogspot.com/-vYO1e4OryAY/ViFtwg0jgxI/AAAAAAAACrY/oiLhkv7yhEg/s640/mishkal.jpg
http://2.bp.blogspot.com/-vYO1e4OryAY/ViFtwg0jgxI/AAAAAAAACrY/oiLhkv7yhEg/s72-c/mishkal.jpg
love is rasa
https://love-is-rasa.blogspot.com/2015/10/mishkal-software-pemberi-harakat-arab.html
https://love-is-rasa.blogspot.com/
https://love-is-rasa.blogspot.com/
https://love-is-rasa.blogspot.com/2015/10/mishkal-software-pemberi-harakat-arab.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content