Kumpulan Hadits Adab Jual Beli

BAGIKAN:

Sumber Hadits Jual Beli | Kumpulan Hadits Adab Jual Beli


Sumber Hadis Mengenai Jual Beli Di bawah ini kami sampaikan beberapa sumber hadist  tentang adab jual-beli atau tata cara umum dalam  bermuamalah dalam berdagang dan jual beli yang diamalkan  pada masa Rasulullah shallalahu alaihi wassalam antara  lain:

1. Tidak boleh ada pemaksaan transaksi, jadi semua  berdasarkan kebebasan untuk memilih, termasuk memilih  alat tukar. Haram hukumnya memaksakan hanya satu  alat tukar atau memaksakan hanya dinar dan dirham  tertentu saja. Imam Malik menyatakan yang disebut alat  tukar adalah semua komoditi (yang memenuhi syarat  sebagai uang) dan diterima secara umum.

2.  Rasulullah shallalahu alaihi wassalam menyebutkan alat  tukar adalah emas, perak, kurma, gandum, jewawut dan  garam, kalau tidak ada semuanya beras atau komoditas  sejenis diperbolehkan.

3.  Barang siapa yang membuat kontrak, maka hendaknya  kontrak dibuat dalam ukuran yang ditentukan dan harga  yang ditentukan dan harga yang ditentukan serta jadwal  masa (pemenuhan) yang ditentukan pula. (H.R. Muslim,  Kitab al-bay’ah)

4. Tidak halal bagi seorang muslim menjual satu komoditas  yangg memiliki cacat, kecuali cacat tersebut diperlihatkan  kepada pembeli. (H.R. Bukhari)

5.  Dari Abdullah bin Umar r.a., katanya “Rasulullah  shallalahu alaihi wassalam bersabda: “Janganlah kamu  menjual menyaingi harga jual orang lain, dan janganlah  kamu menyongsong membeli barang dagangan sebelum  di bawa ke pasar.”

6.  Dari Abu Hurairah r.a., katanya Rasulullah saw.  bersabda: “Janganlah kamu menyongsong rombongan  orang- orang berkendaraan (kafilah); janganlah kamu  menjual dengan harga menyaingi harga jual orang lain;  janganlah kamu membohongkan harga barang;  janganlah orang kota menjualkan kepunyaan orang  desa; dan jangan menahan air susu kambing, dan  barangsiapa membelinya, ia boleh memilih antara dua  sesudah diperahnya, jika ia suka boleh diteruskannya,  dan jika tidak, boleh dikembalikannya dan ditambah  dengan segantang kurma.”

7. Kecurangan apa yang lebih besar dibandingkan ketika  engkau berbicara dengan saudaramu, ia mungkin berpikir  bahwa engkau mengatakan kebenaran sedang engkau  menipunya dengan mengatakan kebohongan. (H.R.  Bukhari)

8. Bersumpah membuat satu barang terjual namun  menghilangkan berkah. (H.R. Muslim)

9. Hakim ibn Hizam meriwayatkan bahwa Rasulullah saw.  bersabda, “Dalam transaksi jual-beli selalu ada hak  untuk memilih selama keduanya (penjual dan pembeli)  belum berpisah atau hingga keduanya berpisah. Apabila  keduanya jujur dan menjelaskan semuanya, keberkahan  akan bersama jual-beli mereka. Namun bila kedua- duanya menutup-nutupi dan berdusta, niscaya  keberkahan itu tercabut dari keduanya.”

10. Salah satu cara lama yang telah dipraktekan sejak dahulu  adalah menipu dalam berdagang adalah menjual barang  dengan berat atau timbangan yang lebih rendah  dibandingkan standar.

11. Orang yang menimbun barang untuk menaikan harga  bagi muslim adalah orang zalim dan ia bebas dari  tanggung jawab Allah. (Mustadra Hakim, Jilid 2)

12. Dari Abdullah bin Umar r.a., katanya: “Seorang laki-laki  bercerita kepada Rasulullah saw. bahwa dia ditipu  orang dalam hal jual beli. Maka sabda beliau, “Apabila  engkau berjual beli, maka katakanlah: Tidak boleh ada  tipuan.”

13. Orang yang merusak pasar muslim untuk menaikan  harga, maka kewajiban bagi Allah untuk  menjerumuskannya kedalam api yang menyala pada hari  perhitungan. (Musnad, Abu Daud)

14. Abu Sa’id al-Khudzri ra. Meriwayatkan, “Suatu ketika,  Bilal menemui Rasulullah saw. dengan membawa kurma  kualitas bagus. Nabi saw. bertanya kepadanya,  “Darimana kamu dapatkan ini?’ Bilal menjawab, ‘Aku  mempunyai kurma kualitas jelek. Lalu aku beli satu sha’  kurma ini dengan dua sha’ kurmaku.’ Ia melakukan hal  itu untuk memberikan kurma tersebut kepada Nabi saw.  Ketika itu, Nabi saw. bersabda, “Ah.. ah, ini jelas-jelas  riba. Ini jelas-jelas riba. Jangan engkau lakukan hal itu.  Akan tetapi, bila engkau mau, engkau bisa membelinya. Oleh karena itu juallah kurmamu itu dengan jual-beli  yang berbeda, kemudian, barulah engkau membeli  kurma yang bagus.’”

15. Abdullah ibn Abbas ra. meriwayatkan, “Rasulullah saw.  melarang perilaku mencegat pedagang dari pelosok dan  menjual barang bagi orang asing.” Ia mengatakan,  “Lalu aku bertanya kepada Ibnu Abbas tentang  seseorang yang menjual barang bagi orang asing.” Ia  menjawab, “Tidak boleh menjadi orang yang  memonopoli penjualan."

16. Abdullah ibn Umar ra. meriwayatkan, “Rasulullah saw.  melarang Al-muzabanah (menjual sesuatu dengan  sejenisnya tanpa diketahui takarannya, timbangannya,  dan jumlahnya); seseorang menjual buah dari  kebunnya, apabila berupa kurma yang belum kering  menjualnya dengan satu sukat kurma kering, menjual  buah anggur dengan satu sukat kismis, menjual gandum  dengan satu gandum yang sudah bersih. Nabi saw.  melarang semua itu.”

17. Dari Jabir bin Abdullah r.a., katanya: “ Rasulullah  shallalahu alaihi wassalam melarang menjual buah- buahan sebelum masak. Lalu ditanyakan orang kepada  beliau, “Bagaimanakah buah yang masak?” Jawab  Rasulullah, “Kemerah-merahan, kekuning-kuningan dan  dapat dimakan seketika. Demikian penjelasan singkat kami tentang restorasi pasar dan  perniagaan dalam Islam, semoga ini dapat menjadi jalan bagi  kita semua untuk semakin bertambah keimanan dan  ketakwaan kepada Allah dan mengikuti sunnah Rasulullah  shallallahu alaihi wassalam. *****

KOMENTAR

BLOGGER
islamic'
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,18,Akhir Zaman Ebook,35,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,9,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,4,apk salat,3,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,10,Audio,13,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,4,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,27,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,4,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,26,Download Ebook Kristologi,18,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,6,Ebook Keluarga,3,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,1,Ekonomi Islam,25,Freemasonry,22,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Gusdur,3,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,17,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,10,Komunis,2,Konspirasi Amerika,18,konspirasi zionis,62,Kristologi,54,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,27,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,18,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,13,Permasalahan Islami,19,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,39,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,56,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Best Book,1,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,6,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,9,video sosial eksperimen,4,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,15,
ltr
item
love is rasa: Kumpulan Hadits Adab Jual Beli
Kumpulan Hadits Adab Jual Beli
Sumber Hadits Jual Beli | Kumpulan Hadits Adab Jual Beli
http://3.bp.blogspot.com/-RyD1GXWppp0/VeI1eygcp9I/AAAAAAAACSU/l4doVupeTF8/s1600/jual%2Bbeli.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-RyD1GXWppp0/VeI1eygcp9I/AAAAAAAACSU/l4doVupeTF8/s72-c/jual%2Bbeli.jpg
love is rasa
http://love-is-rasa.blogspot.com/2015/08/kumpulan-hadits-adab-jual-beli.html
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/2015/08/kumpulan-hadits-adab-jual-beli.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Load Semua Postingan Tidak ditemukan postingan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua REKOMENDASI UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan entri sesuai dengan permintaan anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI TERKUNCI PREMIUM Silahkan bagikan untuk mengakses konten Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin