Musuh Manusia Beriman 3

Assalamualaikum.WR.WB Hai, selamat berjumpa kembali dengan tulisanku ini yang sederhana. Ha...



Assalamualaikum.WR.WB
Hai, selamat berjumpa kembali dengan tulisanku ini yang sederhana. Hari ini masih hari kamis 19-Rabiulawal-1433 H bertepatan dengan 31-01-2013 M
Kita masih akan mengkaji sekelumit masalah yang diciptakan oleh musuh orang yang beriman, sekali lagi aku katakan, UNTUK MENGETAHUI MASALAH-MASALAH DI DUNIA INI MAKA KITA HARUS TAHU SIAPA YANG MEMBUAT MASALAH-MASALAH INI.
Selepas pembahasan sebelumnya mengenai iblis. Kita akan lebih umum lagi membahas siapa sebetulnya musuh manusia beriman.
Allah SWT berkali-kali mengingatkan lewat firmanNya dalam beberapa ayat dibeberapa surat tentang musuh yang NYATA bagi manusia beriman. Diantaranya terdapat pada surat :

Al-Baqarah ayat 168 dan 208
2:168. Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu.
2:208. Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

Al-An’am ayat 112 dan 142
6:112. Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu setan-setan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jika Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.
6:142. Dan di antara binatang ternak itu ada yang dijadikan untuk pengangkutan dan ada yang untuk disembelih. Makanlah dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu,

Al-A’raf ayat 22
7:22. maka setan membujuk keduanya (untuk memakan buah itu) dengan tipu daya. Tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu, nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya, dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan mereka menyeru mereka: "Bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu berdua?"

Yusuf ayat 5
12:5. Ayahnya berkata: "Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan) mu.  Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia."

Al-Isra ayat 53
17:53. Dan katakanlah kepada hamba-hamba-Ku: " Hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya setan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.

Al-Qashash ayat 15
28:15. Dan Musa masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah, maka didapatinya di dalam kota itu dua orang laki-laki yang berkelahi; yang seorang dari golongannya (Bani Israel) dan seorang (lagi) dari musuhnya (kaum Firaun). Maka orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari musuhnya lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu. Musa berkata: Ini adalah perbuatan syaitan sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang menyesatkan lagi nyata (permusuhannya).

Fathr ayat 6
35:6. Sesungguhnya setan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh (mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.

Yaasin ayat 60
36:60. Bukankah Aku telah memerintahkan kepadamu hai Bani Adam supaya kamu tidak menyembah setan?  Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kamu",

Az-Zukhruf ayat 62
43:62. Dan janganlah kamu sekali-kali dipalingkan oleh setan; sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.

Secara garis besar syaitan terbagi menjadi dua, dalam QS An-Naas Allah berfirman :
114:1. Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
114:2. Raja manusia.
114:3. Sembahan manusia.
114:4. dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi,
114:5. yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.
114:6. dari (golongan) jin dan manusia.
Jadi, melalui catatan-catatan dan ayat-ayat yang telah kita kaji ini kita mulai tercerahkan siapa itu iblis, siapa itu syaitan dan siapa musuh manusia beriman.
Kesimpulannya, iblis adalah SEBAGIAN dari pada setan, setan adalah MUSUH manusia beriman. Maka iblis sudah jelas musuh PALING besar manusia beriman.
Catatan berikutnya insaAllah akan membahas mengenai masalah-masalah yang diciptakan iblis si raja setan atau dalam bahasa kerennya The King of Satan, iblis yang jelas-jelas telah dikutuk oleh Allah SWT.
Semoga kita mendapatkan manfaat dan hikmah dari Allah lewat apapun yang diberikan kepada kita olehNya. Aamiin.

Writed By Sang Pujangga

Terkait Khusus

Catatan Sang Pujangga Sesi 1 3874788263469033223

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item