Download Mukhtashor Syu’ab Al Iman Terjemah Indonesia

Mukhtashor Syu’ab Al Iman Terjemah Indonesia, Ringkasan Cabang-Cabang Keimanan, Siapa Imam Al Baihaqi -rahimahulloh- ?


Judul Asli : Mukhtashor Syu’ab Al Iman
Penulis : Imam Al Baihaqi
Peringkas : Imam Al Qazwaini
Terjemah : Ringkasan Cabang-Cabang Keimanan
Tipe : EXE
Jumlah Halaman : 650 hlm
Bahasa : Indonesia

Cabang-cabang iman, atau lebih dikenal dengan se- butan “Syu’ab Al Iman” dalam istilah agama, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Istilah ini kita kenal dari sabda Nabi shalallahu alihi wa salam ‘’Iman memiliki tujuh puluh lebih cabang, dan yang paling tinggi adalah kalimat laa ilaaha illallaah, sedangkan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Malu adalah bagian dari iman.’’ (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Dalam menjelaskan pernyataan Nabi shalallahu alaihi wa salam ini, para ulama telah berupaya keras menafsirkan dan memerinci satu per satu cabang-cabang iman yang dimaksud. Salah satu ulama yang peduli dengan masalah ini adalah Imam Al Baihaqi. Dalam bukunya yang berjudul Syu’ab Al Iman (Cabang-Cabang Iman), Imam Al Baihaqi memaparkan satu per satu cabang-cabang iman tersebut. Setelah itu Imam Al Qazwaini berinisiatif membuat ringkasannya, sehingga hadirlah buku yang berjudul Mukhtashar Syu’ab Al Iman “Ringkasan Syu’ab Al Iman”. Buku ini merupakan “ringkasan Syu’ab Al Iman” yang disusun oleh Imam Al Qazwaini Asy-Syafi’i.

Meskipun ukurannya kecil, namun manfaatnya sangat besar, karena penyusunnya mengumpulkan berbagai cabang iman secara rinci hingga berjumlah 77 cabang, dimulai dari penjelasan tentang mengucapkan syahadat hingga mencintai dan membenci sesuatu dari diri saudaranya sesama muslim seperti yang dialami dirinya.

Rosululloh -Sholallahu Alaihi Wassalam- bersabda, yang artinya:

"Iman itu ada tujuh puluh atau enam puluh cabang lebih, yang paling tinggi, (atau yang paling utama — berdasarkan perbedaan redaksi riwayat—)adalah kalimat laa ilaaha illaah (tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah) dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalanan, dan malu adalah bagian dari iman. "
[HR. Al Bukhari (1/48 dan 49, pembahasan: Iman, bab: Perkara-Perkara iman); Muslim (no. 35, pembahasan: Iman, bab: Cabang-Cabang Iman,Bagiannya yang Paling Utama, Bagian yang Paling Rendah serta Keutamaan Sifat Malu dan bahwa Dia Adalah Bagian dari Iman); Abu Daud (no. 4676, pembahasan: Sunnah, bab: Membantah Akidah Murjiah); At-Tirmidzi (no. 2617, pembahasan: Iman, bab: Menyempurnakan Iman); An-Nasai (8/110, pembahasan: Iman bab: Cabang-Cabang Imam); Ahmad (Al Musnad, 2/445); dan Ibnu Majah (no. 57, pembahasan: Muqaddimah),Al Bukhari meriwayatkannya dengan redaksi: “ iman itu ada enam puluh cabang lebih dan malu adalah bagian dari iman. "]

Cabang-cabang iman, atau lebih dikenal dengan sebutan Syu 'ab Al Iman dalam istilah agama, istilah ini terambil dari hadits Rosululloh -Sholallahu Alaihi Wassalam-  diatas. Dalam menjelaskan sabda Nabi ini, para ulama telah berupaya keras menafsirkan dan memerinci satu per satu cabang-cabang imam yang dimaksud, dan salah satu ulama yang mendalami  dengan masalah ini adalah Imam Al Baihaqi -rahimahulloh. Dalam bukunya yang berjudul Syu'ab Al Iman (Cabang-Cabang Iman), beliau memaparkan satu per satu cabang-cabang imam tersebut secara terperinci.

Setelah itu muncullah inisiatif dari Imam Al Qazwaini -rahimahulloh- untuk meringkasnya, supaya lebih dapat difahami oleh muslimin, sehingga hadirlah buku yang berjudul Mukhtashar Syu'ab Al Imam (Ringkasan Syu'ab Al Iman).
    
Siapa Imam Al Baihaqi -rahimahulloh- ?

Dia adalah Imam yang cerdas Abu Bakar Ahmad bin Al Husain bin Ali bin Musa Al Khusrujardi Al Baihaqi -rahimahulloh- , syaikh Khurasan di masanya yang memiliki banya karya tulis yang bermanfaat. Dia dilahirkan di Khusrujard di bulan Sya'ban tahun 384 H.

Imam As-Subki berkata, "Imam Al Baihaqi adalah salah seorang imam muslimin dan petunjuk bagi kaum mukminin, salah seorang dai menyeru ke jalan Allah yang kokoh. Dia adalah seorang ahli fikih yang agung, seorang hafizh besar, ahli usul yang piawai, sekaligus seorang zahid yang wara', taat kepada Allah, berdiri sebagai pembela Madzhab secara ushul maupun furu', seorang gunung ulama di antara para ulama yang ada."

Abdul Ghaffar Al Farisi An-Naisaburi -rahimahulloh- berkata dalam Dzail Tarikh Naisabur, "Abu Bakar Al Baihaqi Al Hafizh Al Ushuli seorang Ulama yang wara', tak ada tandingan di zamannya dalam masalah hapalan ketelitian dan kecermatan. Dia salah satu murid senior Imam Al Hakim -rahimahulloh- dan dia mempunyai kelebihan dari Al Hakim dengan penguasaannya dalam berbagai disiplin ilmu. Dia menulis dan menghapalkan hadits di usia Belia, juga memperdalam fikih hingga mahir di bidang ushul fikih.
Dia mengembara ke Irak dan Hijaz lalu menulis buku. Karya tulisnya hampir mencapai seribu jilid yang belum pernah dilakukan orang sebelumnya. Pada dirinya terhimpun ilmu hadits dan fikih serta penjelasan akan cacat-cacat hadits.

Imam Ad-Dzahabi -rahimahulloh-  berkata, "Kalau saja Al Baihaqi mau membuat madzhab sendiri tempat dia berijtihad tentulah dia mampu melakukannya karena ilmunya yang sangat luas dan pengetahuannya terhadap berbagai perbedaan pendapat para ulama."

Inilah terjamah dari Kitab  Mukhtashar Syu 'ab Al Iman (Ringkasan Syu 'ab Iman) yang ditulis oleh Abu Al Ma'ali Imamuddin Umar bin Abdurrahman bin Umar bin Ahmad Al Qazwaini Asy-Syafi'i. Dia meringkas kitab Syu'ab Al Iman karya Imam Abu Bakar Ahmad bin Husain bin Ali Al Baihaqi.Meskipun ukurannya kecil, namun manfaatnya sangat besar sebab penyusunnya mengumpulkan berbagai cabang iman secara rinci, yang berjumlah 77 cabang. Dimulai dari penjelasan tentang mengucapkan syahadat, hingga mencintai dan membenci sesuatu dari din saudaranya sesama muslim seperti yang dialami dirinya. .

Imam Al Qozwaini -rahimahulloh- mengikuti metode penulisan penulis asli yaitu Imam Al Baihaqi -rahimahulloh-  Akan tetapi dia menjadikan cabang-cabang iman yang ada sebagai pokok bab dan membatasi diri dengan menggunakan ayat-ayat Al Qur'an atau salah satu hadits Nabi  dalam setiap cabang tersebut, baik hadits yang paling shahih dari Rasulullah -Sholallahu Alaihi Wassalam-  saja.

Terkadang dalam beberapa cabang iman tersebut ditambahkan beberapa ayat atau hadits atau beberapa keterangan, atau beberapa cerita dan hikayat, atau bahkan syair pendukung.

Penulis membaginya menjadi 77 cabang, di dalamnya disebutkan beberapa hal yang berhubungan dengan rukun iman dan rukun Islam yang merupakan bagian terpenting yang harus diketahui oleh setiap muslim. Selain itu, juga yang berhubungan dengan kecintaan pada Allah, takut serta harap kepada-Nya agar seorang muslirn bisa menjadi seimbang antara harap dan takut. Juga ada bahasan tentang cinta kepada Rasulullah, pengagungan dan penghormatan terhadap beliau, motivasi untuk menuntut ilmu dan menyebarkannya, mengagungkan Al Qur'an dengan cara belajar dan mengajarkannya serta segala sesuatu yang berhubungan dengan thaharah, jihad di jalan Allah, mensyukuri nikmat Allah, menjaga lidah, menunaikan amanah, pengharaman membunuh jiwa yang tak bersalah, pengharaman tindakan aniaya terhadap kehormatan manusia, rnenahan diri untuk tidak mengambil harta orang lain, kewajiban bersikap wara' dalam hal makan dan minum, menjauhi segala hal yang tidak halal, berhemat dalam membelanjakan harta, mengharamkan makan harta dengan cara yang batil, meninggalkan sikap dengki dan dendam, mengikhlaskan amal hanya untuk Allah , bahagia dengan kebaikan, sedih kalau melakukan kesalahan/dosa, mengobati setiap dosa dengan tobat, berpegang teguh kepada Al Kitab dan Sunnah serta apa yang diyakini oleh jamaah kaum muslimin, memutuskan hukum dengan adil antara manusia, menyuruh perbuatan baik, mencegah perbuatan munkar, saling tolong menolong dalam perbuatan baik dan takwa, malu, berbakti kepada kedua orang tua, menyambung silaturrahim, berakhlaq baik kepada sesama manusia, menahan amarah, merendahkan diri, rendah hati ( tawadhu'), menerangkan hak-hak anak, istri dan keluarga, mencintai ularna, menyebarkan salam kepada sesama muslim, memuliakan tetangga dan tamu, menjenguk orang sakit, menyalati jenazah ahli kiblat, menyayangi yang lebih kecil, menghormati yang lebih tua, mendamaikan sesama, kewajiban mencintai saudara sesama muslim dengan apa yang dia cintai untuk dirinya sendiri, tidak suka terjadi sesuatu kepada sesama muslim apa yang tidak disukai untuk dirinya sendiri.

Dengan itu semua seseorang telah mengumpulkan cabang-cabang Islam secara keseluruhan. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita muslimin mempelajari hal ini dan mengamalkannya agar kita mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat.

file bentuk EXE untuk saat ini hanya bisa dibuka di komputer

COMMENTS

BLOGGER
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,17,Akhir Zaman Ebook,32,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,7,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,3,apk salat,2,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,9,Audio,14,Audio Tajwid,2,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,3,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,25,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,2,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,25,Download Ebook Kristologi,19,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,7,Ebook Keluarga,4,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,3,Ekonomi Islam,24,Freemasonry,21,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,15,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,9,Komunis,3,Konspirasi Amerika,17,konspirasi zionis,60,Kristologi,53,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,24,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Maria Magdalena,1,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,17,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,12,Permasalahan Islami,17,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,35,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,55,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,7,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,10,video sosial eksperimen,5,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,14,
ltr
item
love is rasa: Download Mukhtashor Syu’ab Al Iman Terjemah Indonesia
Download Mukhtashor Syu’ab Al Iman Terjemah Indonesia
Mukhtashor Syu’ab Al Iman Terjemah Indonesia, Ringkasan Cabang-Cabang Keimanan, Siapa Imam Al Baihaqi -rahimahulloh- ?
http://www.al-aisar.com/images/stories/virtuemart/product/pa_syuabul_iman.jpg
love is rasa
https://love-is-rasa.blogspot.com/2017/02/download-terjemah-mukhtashor-syuab-al-iman.html
https://love-is-rasa.blogspot.com/
https://love-is-rasa.blogspot.com/
https://love-is-rasa.blogspot.com/2017/02/download-terjemah-mukhtashor-syuab-al-iman.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content