Download Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam Edisi Lengkap



Sirah Nabawiyah adalah rekaman seluruh mata rantai perjalanan Nabi besar Muhammad  Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam dari kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi Nabi, perjuangannya yang heroik dan tantangan-tantangan besar yang dilaluinya, hingga wafatnya.

Membaca Sirah Nabawiyah, bagaikan menelusuri tapak-tapak kehidupan Sang Rasul secara detail dan rinci. Membaca sirah Nabi, laksana mengurai perjalanan hidup Sang Nabi yang penuh warna. Perjalanan hidup yang kaya nuansa. Perjalanan hidup yang penuh cita rasa. Dan yang menjadi keunggulan Sirah Nabawiyah ini adalah ia merekam betul bagaimana prosesi ayat-ayat Al-Qur’an yang turun kepada Nabi sehingga kita bias mengetahui konteks ayat-ayat tersebut.

Sirah Nabawiyah atau yang lebih dikenal dengan “Sirah Ibnu Ishaq” yang ditahqiq dan disyarah Ibnu Hisyam lalu dinamai olehnya “Sirah Ibnu Hisyam” (yang dilengkapi takhrij hadis dari ahli hadis (Al-Muhaddits) berkaliber dunia Asy-Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani) yang kini ada di hadapan Anda adalah buku paling representatif yang membahas tentang perjalanan hidup Nabi Agung Muhammad Shalallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Ini adalah buku sirah yang paling lengkap dan sumber paling awal dari sejarah Nabi bahkan menjadi sumber utama penulisan buku-buku sirah setelahnya. Tak ada satu buku sirah manapun yang ditulis setelah itu kecuali dia pasti merujuk atau merefer pada Sirah Ibnu Ishaq ini. Semua sejarawan Islam telah berhutang intelektual  kepada Ibnu Ishaq dan Ibnu Hisyam, dua penulis buku sirah ini. Oleh karena itu siapapun yang membaca buku ini pasti memiliki kebanggaan tersendiri yang tidak ia dapatkan ketika membaca buku sirah lainnya.

Buku Sirah Nabawiyah ini merupakan salah satu buku sirah tertua. Ditulis oleh seorang ulama salaf, yakni Ibnu Hisyam. Penulisannya cukup sistematis dan lengkap dengan hadits-hadits yang menjadi sandarannya. Bagi orang awam, mungkin buku ini sedikit memusingkan. Karena Ibnu Hisyam menulis sejarah Rasulullah disertai riwayat-riwayat shahih yang menjelaskannya. Tapi bagi para akademisi, tentu hal tersebut tidak merepotkan. Sebab kehadiran riwayat-riwayat ini akan sangat membantu dalam menilai mana sejarah Rasulullah yang shahih dan mana yang telah ditambahi “bumbu penyedap”.

Sirah Nabawiyah ini juga telah banyak diterjemahkan dan dicetak.
Selamat membaca
 

Terkait Khusus

Ebook Sejarah 7299997904302978901

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item