TURKI GAWAT MILITER - Rakyat Bantu Berhasil GAGALKAN Kudeta

TURKI GAWAT MILITER - Rakyat Bantu Berhasil GAGALKAN Kudeta

rakyat lawan kudeta

 Merdeka.com - Kudeta militer terjadi di Turki. Tentara sempat mengerahkan pasukan dan senjata berat, termasuk tank, helikopter, dan jet tempur, merebut gedung-gedung pemerintahan di Ibu Kota Ankara. Kudeta gagal setelah beberapa jam saja, karena rakyat di pelbagai kota tetap loyal pada Presiden Reccep Tayyip Erdogan.


Situs The Guardian, Aljazeera, dan Haaretz melansir kronologi lengkap peristiwa kudeta tersebut. Berikut rangkumannya:

- Pergerakan militer keluar dari barak terjadi Jumat (15/7) pukul 22.00 waktu setempat di Ibu Kota Ankara dan Istambul.

- Pukul 22.30, militer sudah memblokir jembatan Fatih Sultan Mehmet di atas selat Boshphurus yang menghubungkan Istambul dengan daratan Turki sisi Asia. Bus dan mobil pribadi diminta putar balik.

- Pukul 22.55 terdengar tembakan di beberapa lokasi Ankara. Jet tempur terbang rendah. Helikopter bersliweran di atas udara ibu kota Turki.

- Pukul 23.00, Perdana Menteri Turki Binali Yildirim membenarkan adanya kudeta. Dia memperoleh informasi intelijen jika aksi penggulingan pemerintah ini didalangi oleh segelintir pejabat militer.

"Pemerintah yang sah masih berdiri, kami akan melakukan segala cara untuk mempertahankan diri," ujarnya.

- Pukul 23.33, tentara memasuki gedung stasiun televisi TRT yang dimiliki pemerintah. Mereka meminta sebagian staf pergi, mencabut sambungan telepon, lalu memaksa penyiar membacakan maklumat kudeta.

- pukul 24.00, Presiden Reccep Tayyip Erdogan dilaporkan dalam kondisi aman. Kudeta ini terjadi ketika Erdogan sedang berada di Kota Marmaris untuk liburan.

- Pukul 01.00, Presiden Reccep Tayyip Erdogan berhasil dihubungi oleh CNN Turki melalui sambungan aplikasi FaceTime. "Saya mengimbau rakyat Turki untuk berkumpul di alun-alun dan bandara melawan kudeta. Saya selalu percaya, kekuatan rakyat lebih besar dari apapun," ujarnya. Erdogan dilaporkan akan menuju ke Ankara sesegera mungkin.

- Pukul 01.30, helikopter menembaki gedung Badan intelijen Turki. Muncul laporan Panglima militer Turki ditahan di Ankara.

- Pukul 02.00, ribuan rakyat Turki turun ke jalan, memprotes penggulingan Erdogan. Beberapa polisi yang loyal pada Erdogan berusaha menangkap tentara.

rakyat lawan kudeta

- Pukul 02.30, penyiar TRT membacakan maklumat 'Angkatan Bersenjata Turki'. Militer mengumumkan adanya jam malam di Ankara maupun Istambul. Tentara mengklaim terpaksa melakukan kudeta, karena Presiden Erdogan sudah menyalahi konstitusi yang demokratis dan sekuler.

Isi maklumat itu di antaranya memastikan seluruh gedung pemerintahan di Ibu Kota Ankara telah mereka kuasai. "Militer merebut semua lembaga administratif di negara ini untuk mengembalikan tatanan konstitusi, hak asasi manusia, serta kebebasan rakyat Turki."

warga turun ke jalan lawan kudeta

- Pukul 03.15 tank terlihat menembak di dekat Gedung Parlemen Turki. Ada ledakan di parlemen, belum jelas apakah dari tank atau ada bom. Beberapa orang, sipil maupun aparat, tertembak.

- Pukul 03.45, PM Yildirim menuding gerakan tentara ini adalah aksi teroris. Dia mendesak rakyat melawan. Yildirim mengklaim pemerintah Turki belum terguling.

- Pukul 04.12, dilaporkan 17 polisi tewas ditembak di dekat Gedung Pasukan Khusus Turki di Ibu Kota Ankara. Dalam waktu bersamaan, petinggi pasukan khusus menyatakan tentara yang melakukan kudeta hanyalah minoritas, tidak akan berhasil menggulingkan pemerintah.

- Pukul 04.40 waktu setempat. Situasi terkini dilaporkan sudah kondusif. Bahkan, para militer yang melakukan aksi kudeta telah ditangkap. Rakyat loyalis PresidenRaccep Tayyip Erdogan ikut menangkap para militer yang hendak mengkudeta itu.



Rakyat Turki yang menolak kudeta pun ikut turun ke jalan sesuai pernyataan Presiden Erdogan untuk berkumpul di alun-alun kota. "Orang-orang yang mencoba melakukan kudeta tidak akan berhasil," kata Komandan pasukan khusus militer Turki, Zekai Aksakalli mengatakan kepada televisi NTV.

"Orang-orang kami harus tahu bahwa kami akan mengatasi hal ini. Kami berada dalam mengendalikan situasi," kata dia.

Dalam perkembangan terakhir, pendukung Erdogan sedang menanti iring-iringan presiden yang mendarat di Istambul. Erdogan dilaporkan akan segera menuju ke Istana Negara untuk mengumumkan situasi terakhir.

- Pukul 05.10, Erdogan telah tiba di Istambul dengan selamat. Dia disambut ribuan pendukungnya.

Dia menuding upaya kudeta militer yang sempat menguasai Ibu Kota Ankara dan Istambul didalangi oleh pendukung ulama Fethullah Gulen. Sosok itu adalah rival politik Erdogan yang kini mengasingkan diri di Amerika Serikat.

"Kudeta ini adalah upaya Gerakan Gulen yang sudah direncanakan beberapa bulan terakhir. Para pelakunya adalah tentara yang melabrak hirarki komando," kata Erdogan.

Saat dikonfirmasi terpisah, juru bicara Gulen membantah tudingan pemerintah Turki. Mereka justru mengklaim tidak mendukung adanya kekerasan serta upaya penggulingan pemerintah.

"Komentar dari orang-orang di sekitar Erdogan mengenai pelaku kudeta ini sangat tidak bertanggung jawab," kata juru bicara Aliansi Nilai Bersama, ormas yang dekat dengan Gulen.

Berdasarkan laporan terakhir 120 tentara yang terlibat kudeta telah ditangkap. Erdogan berjanji memberi hukuman berat pada aktor intelektual serta seluruh pengkhianat negara.

*Perkembangan situasi akan terus dimutakhirkan oleh redaksi merdeka.com. Pemutakhiran terakhir terjadi pukul 09.35 WIB.

Merdeka.com - Seorang juru bicara intelijen nasional Turki mengklaim kudeta telah ditolak. Di tengah upaya bersama baik oleh pemerintah dan militer untuk menggambarkan arti bahwa sisi masing-masing berkuasa.

Situasi terkini dilaporkan sudah kondusif. Bahkan, para militer yang hendak melakukan aksi kudeta telah ditangkap. Rakyat pro Presiden Raccep Tayyep Erdogan ikut menangkap para militer yang hendak mengkudeta itu.

Para rakyat Turki yang menolak kudeta pun ikut turun ke jalan sesuai pernyataan Presiden Erdogan untuk berkumpul di alun-alun kota. Mereka ikut menangkap para militer yang dianggap tak loyal pada negara itu.

rakyat menangkap golongan pencobaan kudeta

Dikutip dari The Guardian, Sabtu (16/7), menurut Associated Press, pejabat pemerintah, termasuk presiden Erdogan, telah mencoba mengecilkan laporan bahwa militer memegang kendali.

"Orang-orang yang mencoba melakukan kudeta tidak akan berhasil," kata Komandan pasukan khusus militer Turki, Zekai Aksakalli mengatakan kepada televisi NTV.

"Orang-orang kami harus tahu bahwa kami akan mengatasi hal ini. Kami berada dalam mengendalikan situasi," kata dia.

Dia juga mengatakan, beberapa kematian dan luka-luka yang dilaporkan selama upaya kudeta, tanpa memberikan rincian.


Laporan media Turki juga telah melaporkan bahwa MIT, badan intelijen nasional, mengatakan kudeta telah dikalahkan, menurut Associated Press.

Namun video langsung dari jalan-jalan Istanbul dan Ankara menunjukkan situasi masih ramai.

COMMENTS

BLOGGER
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,17,Akhir Zaman Ebook,32,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,7,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,3,apk salat,2,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,9,Audio,14,Audio Tajwid,2,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,3,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,25,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,2,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,25,Download Ebook Kristologi,19,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,7,Ebook Keluarga,4,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,3,Ekonomi Islam,24,Freemasonry,21,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,15,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,9,Komunis,3,Konspirasi Amerika,17,konspirasi zionis,60,Kristologi,53,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,24,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Maria Magdalena,1,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,17,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,12,Permasalahan Islami,17,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,35,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,55,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,7,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,10,video sosial eksperimen,5,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,14,
ltr
item
love is rasa: TURKI GAWAT MILITER - Rakyat Bantu Berhasil GAGALKAN Kudeta
TURKI GAWAT MILITER - Rakyat Bantu Berhasil GAGALKAN Kudeta
TURKI GAWAT MILITER - Rakyat Bantu Berhasil GAGALKAN Kudeta
https://1.bp.blogspot.com/-KZSIlOYrF30/V4nDrS6sN2I/AAAAAAAADJM/Il80bcvmovoeARenhDGDnqDGvCQXm_QJwCLcB/s640/rakyat%2Broyal%2Berdogan.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-KZSIlOYrF30/V4nDrS6sN2I/AAAAAAAADJM/Il80bcvmovoeARenhDGDnqDGvCQXm_QJwCLcB/s72-c/rakyat%2Broyal%2Berdogan.jpg
love is rasa
https://love-is-rasa.blogspot.com/2016/07/turki-gawat-militer-rakyat-bantu.html
https://love-is-rasa.blogspot.com/
https://love-is-rasa.blogspot.com/
https://love-is-rasa.blogspot.com/2016/07/turki-gawat-militer-rakyat-bantu.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content