ANAKMU MENGENALKAN SIAPA DIRIMU

BAGIKAN:

ANAKMU MENGENALKAN SIAPA DIRIMU



~ANAKMU MENGENALKAN SIAPA DIRIMU...~
.
Assalamu’alaikum.wr.wb.
.
1. Jika anakmu BERBOHONG, itu karena engkau MENGHUKUMNYA terlalu BERAT
2. Jika anakmu TIDAK PERCAYA DIRI, itu karena engkau TIDAK MEMBERI dia SEMANGAT
3. Jika anakmu KURANG BERBICARA, itu karena engkau TIDAK MENGAJAKNYA BERBICARA
4. Jika anakmu MENCURI, itu karena engkau TIDAK MENGAJARINYA MEMBERI
5. Jika anakmu PENGECUT, itu karena engkau selalu MEMBELANYA
6. Jika anakmu TIDAK MENGHARGAI ORANG LAIN, itu karena engkau BERBICARA TERLALU KERAS KEPADANYA
7. Jika anakmu MARAH, itu karena engkau KURANG MEMUJINYA
8. Jika anakmu SUKA BERBICARA PEDAS, itu karena engkau TIDAK BERBAGI DENGANNYA
9. Jika anakmu MENGASARI ORANG LAIN, itu karena engkau SUKA MELAKUKAN KEKERASAN TERHADAPNYA
10. Jika anakmu LEMAH, itu karena engkau SUKA MENGANCAMNYA
11. Jika anakmu CEMBURU, itu karena engkau MENELANTARKANNYA
12. Jika anakmu MENGANGGUMU, itu karena engkau KURANG MENCIUM & MEMELUKNYA
13. Jika anakmu TIDAK MEMATUHIMU, itu karena engkau MENUNTUT TERLALU BANYAK padanya
14. Jika anakmu TERTUTUP, itu karena engkau TERLALU SIBUK
.
~KISAH LUQMAN “MEWARISI NILAI-NILAI AKHLAK YANG BAIK”~
.
Adapun dikisahkan dari Luqman yang dapat memberikan hikmah mengenai menasehati dan memberI pesan kepada generasi-generasi untuk mewarisi nilai-nilai akhlak yang baik sebagai berikut:
.
1.Dilarang berbuat syirik (menyekutukan Allah) (Luqman: 13)
2.Kewajiban berbakti kepada kedua orang tua (luqman: 14)
3.Keharusan tetap berbakti kedua orang tua di dunia saja, karena kesyirikan mereka (luqman: 17)
4.Tidak boleh bersifat sombong, angkuh dan membanggakan diri sendiri (luqman: 18)
5.Perintah bersikap sopan santun dalam berjalan atau berbicara (luqman: 19)
.
Adapun kewajiban yang harus dipenuhi oleh seorang anak:
1.Membersihkan makan apabila dibutuhkan
2.Memberikan pengabdian apabila diperlukan
3.Mendatangi apabila dipanggil
4.Mentaati apabila diperintah selain yang maksiat
5.Berbicara dengan lemah lembut tidak kasar
6.Memberikan pakaian bila diperlukan, sedang sesuatu yang dia sendiripun rela
7.Menjauhkan daripadanya sesuatu yang dia sendiripun menjauhinnya
8.Berdo’a untuknya dengan memohonkan ampunan setiap dia mendo’akan untuk dirinya sendiri
.
7 TIP's Mendidik.

1. Jika anakmu menangis, jangan buang waktu tuk mendiamkannya. Coba tunjuk burung, awan di langit agar ia melihatnya, ia akan terdiam. Karena psikologis manusia saat menangis, adalah menunduk.

2. Jika ingin anak-anakmu berhenti bermain, jangan berkata: “Ayo, sudah mainnya”. Tapi katakan pada mereka: “Mainnya 5 menit lagi yaa”. Kemudian ingatkan kembali: “2 menit lagi yaa”. Kemudian barulah katakan: “Ayo, waktu main sudah habis”. Mereka akan rela menghentikannya.

3. Jika engkau berada disekumpulan anak-2, & mereka berisik, engkau ingin memperingatkan mereka, maka katakanlah: “Ayoo.. Siapa yang mau mendengar cerita saya, angkat tangannya”. Salah seorang akan mengangkat tangan, kemudian disusul dg anak-2 yg lain, semuanya akan terdiam.

4. Katakan kepada anak-2 menjelang tidur: “Ayo tidur sayang. besok pagi kan kita Sholat Subuh”, maka perhatian mereka akan selalu ke akhirat.

Jangan berkata: “Ayo tidur, besok kan sekolah”, akhirnya mereka tidak sholat subuh karena perhatiannya adalah dunia.

5. Nikmati masa kecil anak-anakmu, karena waktu akan berlalu sangat cepat. Kepolosan mereka tidak akan lama, ia akan menjadi kenangannya.

Bermainlah, becandalah bersama mereka. Jadilah anak kecil saat bersama mereka, ajarkan mereka dg cara yg menyenangkan sambil bermain.

6. Tinggalkan HP sesaat, & matikan juga TV. Jika ada teman yg menelpon, katakan: “Maaf saay, saat ini aku sedang sibuk mendampingi anak-2”.

Semua ini tidak menyebabkan jatuhnya wibawamu. Orang yg bijaksana tahu bagaimana cara menyeimbangkan segala sesuatu.

7. Selain itu, jangan lupa berdoa & bermohon kepada Allah agar anak-2 kita menjadi perhiasan yg menyenangkan, baik di dunia maupun di akhirat.
.
~7 Kalimat ini Bakal Buat Anak Sedih Bukan Main~

Psikolog Svetlana Merkulova menyatakan salah-salah ucap dari orangtua bisa memberi efek negatif pada otak anak. Itulah sebabnya orangtua harus memilih kalimat sebaik mungkin saat menasihati anak agar tidak menyakiti hati dan pikirannya. Contoh kalimat-kalimat negatif seperti di bawah ini malah akan membuatnya sedih dan tidak akan memotivasi dirinya.
.
1. "Saat seumur kamu, Mama/Papa hebat lho"
Ucapan ini hanya akan membuatnya bersaing dengan Anda sebagai orangtuanya. Teori yang paling mungkin terjadi adalah dia akan meraih sebuah prestasi bukan karena ia menyukainya. Tapi hanya ingin membuat Anda terkesan. Memang pada akhir kasus ini kebanyakan anak akan meraih sukses, tapi ia tidak akan pernah bahagia dengan apa yang sudah dilakukannya.
.
2. "Monyet kecilnya Mama.."
Ucapan ini mungkin tidak ada maksud buruk sama sekali. Malah, ini jadi semacam panggilan sayang Anda padanya. Meski demikian, ucapan macam ini artinya Anda menjadikan dia objek, benda, mainan yang bisa Anda perlakukan sesuka hati. Ingat juga bahwa anak balita akan percaya dengan apapun yang Anda katakan padanya. Ia pun siap berperan dengan panggilan sayang Anda padanya.
.
3. "Anak lain hasilnya lebih baik dari kamu"
Sadarkah Anda, bila anak dibandingkan begini, ia akan membenci pihak yang jadi pembandingnya? Bila posisinya dibalik, Anda yang dibandingkan dengan orangtua lain yang jauh lebih sukses, bagaimana rasanya?
.
4. "Kalau kamu begitu, Mama ngga sayang kamu lagi"
Kalimat sederhana akan membuat anak kerap cemas karena ingin memenuhi ekspektasi orangtuanya. Akibatnya, ia tidak akan merasakan kebebasan bertindak dan berpikir.
.
5. "Jangan bikin Mama malu!"
Anak yang sering mendengar ucapan ini akan tumbuh menjadi sosok yang penuh kepura-puraan di depan orang lain. Ketika mendapat respon positif, ia bingung harus apa dan bagaimana. Sebab, mereka terlalu sering ditekan sehingga merasa tidak punya banyak pilihan dalam hidupnya.
.
6. "Nanti, Mama akan hukum kamu"
Kalimat ini hanya akan membuat anak takut pada Anda. Ia berhenti melihat Anda sebagai orangtua dan memandang Anda hanya sebagai bos/atasan yang bisa memberinya hukuman dan hadiah. Ia juga akan hidup penuh dengan rasa takut.
.
7. "Mama ngga mau lihat/dengar kamu"
Hati anak akan langsung mencelos saat orangtua kesayangannya mengucap kalimat ini. Ia akan menangkap makna bahwa ialah penyebab orangtuanya tidak bahagia.
.
~Agar Anak Rajin Sholat~
[Doa... Doa... dan Doa...
Sebagaimana Anda semua tahu bahwa doa adalah senjata seorang mukmin.]
.
Suatu hari, seorang sahabat bercerita ketika ia berkunjung kerumah seorang kerabat dekatnya (seorang yg biasa2 saja dari segi agama) , tapi ketika datang waktu sholat, semua anak-anaknya langsung bersegera melaksanakan sholat tanpa diperintah dan atas kesadaran sendiri.
.
Aku berkata padanya "Bagaimana anak-anakmu bisa sholat dgn kesadaran mereka tanpa berdebat dan tanpa perlu diingatkan dengan keras tanpa perlu kita marah-marah?"
.
Ia menjawab: "Demi Allah, aku hanya ingin mengatakan padamu bahwa sejak jauh sebelum aku menikah aku selalu memanjatkan DO'A ini, dan sampai saat ini pun aku selaku berdoa dengan DO'A ;
.
Doa ini ada di QS.Ibrahim: 40

( رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلاَةِ
وَمِن ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاء )
(إبراهيم ، 40)

"Robbij 'alnii muqiimash sholaati wa min dzurriyyatii robbanaa wa taqobbal du'aa"

Artinya :
"Ya Robbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan sholat, ya Robb, perkenankanlah doaku." (QS. Ibrahim: 40)
.
Rasulallah SAW bersabda : "Barang siapa yg menyampaikan 1 (satu) ilmu saja & ada orang yg mengamalkannya, maka
walaupun yg menyampaikan sudah tiada (wafat), dia akan tetap memperoleh pahala." (HR. Al-Bukhari)
.
Subhanallah... Semoga kita dapat mengambil pengetahuan bermanfaat yg bernilai ibadah lewat tulisan ini dan mengamalkan dalam kehidupan sehari - hari. Mudahan-mudahan Allah selalu mempermudah langkah kita, di manapun dan dalam keadaan apapun kita berada.
.
Semoga bermanfaat, Aamiin Ya Rabbal'Aalamiin.
Wassalamu'alaikum.wr.wb.

KOMENTAR

BLOGGER
islamic'
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,18,Akhir Zaman Ebook,35,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,9,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,4,apk salat,3,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,10,Audio,13,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,4,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,27,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,4,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,26,Download Ebook Kristologi,18,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,6,Ebook Keluarga,3,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,1,Ekonomi Islam,25,Freemasonry,22,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Gusdur,3,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,17,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,10,Komunis,2,Konspirasi Amerika,18,konspirasi zionis,62,Kristologi,54,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,27,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,18,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,13,Permasalahan Islami,19,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,39,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,56,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Best Book,1,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,6,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,9,video sosial eksperimen,4,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,15,
ltr
item
love is rasa: ANAKMU MENGENALKAN SIAPA DIRIMU
ANAKMU MENGENALKAN SIAPA DIRIMU
ANAKMU MENGENALKAN SIAPA DIRIMU
https://3.bp.blogspot.com/-qPS_0pVdYHg/VzKLTMHFPzI/AAAAAAAADGQ/WwOZAqi6CnkOGYwWxJWVVFzMqWq5Vz3_QCLcB/s1600/MEMBENTUK%2BPRIBADI%2BANAK.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-qPS_0pVdYHg/VzKLTMHFPzI/AAAAAAAADGQ/WwOZAqi6CnkOGYwWxJWVVFzMqWq5Vz3_QCLcB/s72-c/MEMBENTUK%2BPRIBADI%2BANAK.jpg
love is rasa
http://love-is-rasa.blogspot.com/2016/05/anakmu-mengenalkan-siapa-dirimu.html
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/2016/05/anakmu-mengenalkan-siapa-dirimu.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Load Semua Postingan Tidak ditemukan postingan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua REKOMENDASI UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan entri sesuai dengan permintaan anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI TERKUNCI PREMIUM Silahkan bagikan untuk mengakses konten Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin