Sejarah Whusu Jurus Maut Kungfu Rahasia Cina - Level Whusu dan Program Kebebasan Jiwa Fisik dan Batin

BAGIKAN:

Sejarah Kungfu Whusu Rahasia Cina | Grandmaster Wang Zipping | Jurus rahasia | Seni bela diri Hui |

Grandmaster Wang Zipping


Semua orang pasti kenal dengan Wushu dan Kungfu. Dua seni bela diri yang begitu kental dengan negeri asalnya, Cina, sebuah negara komunis yang tidak mengenal Tuhan. Tapi tahukah anda bahwa ternyata kedua bela diri yang cukup indah namun juga mematikan ini ternyata memiliki akar yang kuat dari Islam?

Seorang master Kungfu sekaligus peneliti Cina, Master Mohammed Khamouch dalam artikelnya berjudul 1001 Years of Missing Martial Arts memaparkan bahwa muslim di Cina sejak berabad yang lalu memiliki sumbangsih besar dalam Wushu dan Kungfu, baik di dalam pengembangan jurus-jurusnya maupun dari segi filosofi yang dianut.

Pada masa Dinasti Tang pada tahun 651 M, Khalifah Ustman bin Affan (644-656 M) mengirim pasukan muslim yang dipimpin Sa’d bin Abi Waqqas (d. 674 M) dari Madinah dalam misi damai untuk menyebarkan risalah Islam ke dataran Cina.  Para utusan ini berlayar melalui samudera Hindia dan Lautan Cina kemudian mendarat di pelabuhan Guangzhou (Canton). Sebagian besar muslim kemudian menetap dan menyebar di dataran Cina terutama di  Provinsi Shaanxi.  Hubungan dagang dengan Cina pun terjalin baik  melalui ‘jalur sutra’ (silk route).  Oleh kaisar, muslim mendapat kedudukan yang istimewa. Mereka diizinkan untuk memiliki pemerintahan dan memilih Qadi (hakim) sendiri.  Sa’d membangun mesjid Huaisheng di Guanzhou yang sekarang menjadi mesjid tertua di Cina. Ketika komandan militer An Lu-Shan memimpin pemberontakan terhadap Kaisar Su T’sung pada tahun 755 M, muslim meminta bantuan pada Khalifah Abbasiyah Abu Jafar al-Mansur. Sebanyak 4000 tentara dikirimkan dan berhasil memadamkan pemberontakan.

Banyak tentara muslim ini menerima tawaran kaisar untuk menetap, menikah dengan penduduk lokal dan akhirnya berasimilasi dengan masyarakat Cina. Ras keturunan Arab-Cina ini dikenal dengan Hui-Hui.

Pada masa Dinasti Yuan Mongol (1279-1368) yang didirikan oleh Kublai Khan, bangsa Hui mendapat julukan “Da’shman” yang berarti “orang yang terpelajar”, karena kemampuan dan kontribusi mereka sebagai astronom, astrolog, dokter, farmasis, arsitek, pengusaha bisnis, filosof, dan lain-lain.  Dari 12 distrik di kekaisaran, 8 gubernurnya dijabat oleh muslim dan juga beberapa posisi penting di pemerintahan. Termasuk para penasihat militer dan master bela diri yang menjadi pengawal kaisar.

Bangsa Hui inilah yang mengembangkan Wushu dan memasukkan aspek spiritual ke dalam seni bela diri ini. Sufi tarekat yang berkembang pada masa itu mengambil peranan penting terhadap difusi filosofi Islam ke dalam Wushu. Ulama sufi Hui sering mengalahkan biksu Budha dalam berbagai kontes. Qa Shi adalah salah satu gaya Kung Fu yang berarti tujuh pendekar, untuk mengenang tujuh ulama sufi.

Filosofi dalam Wu Shu dan Kung Fu diinspirasi dari hadis Rasulullah SAW yaitu

Orang yang kuat bukanlah yang dapat menjatuhkan lawan dalam perkelahian, tetapi yang dapat mengendalikan dirinya ketika marah (HR Bukhari).

Hal ini pernah ditunjukkan oleh Ali bin Abi Thalib dalam perang Khandaq (625 M) ketika Ali berhasil menjatuhkan lawan dan hendak menghunus pedangnya., tetapi tiba-tiba sang lawan meludahi wajah Ali.  Ali urung untuk membunuh dan bahkan menyuruhnya pergi. ‘Mengapa kau tidak membunuhku?’, lawannya bertanya. Ali kemudian membalas

Adalah diizinkan untuk membunuh di dalam peperangan. Tetapi pada saat kau meludahi wajahku, kau bangkitkan harga diri dan kemarahanku. Jadi daripada membunuhmu dengan pedangku, lebih baik  kubunuh nafsuku hanya untuk Allah.

Sang lawan takjub dengan karakter Ali ra dan masuk Islam saat itu juga.

Internal jihad melawan hawa nafsu ini diterjemahkan para master Kung Fu sebagai energi dalam atau dikenal dengan Chi Kung. Mereka percaya bahwa kedudukan tertinggi di dalam Kung Fu hanya dapat dicapai ketika manusia dapat mengalahkan sifat kebinatangan di dalam dirinya. Ini juga diasah melalui serangkain latihan pernafasan.

Berbagai jurus Wu Shu dan Kung Fu oleh muslim kemudian dikembangkan dengan mengharmonisasi energi eksternal (fisik) dan internal (jiwa) dan bebas dari paham-paham yang bertentangan dengan ajaran Islam. Salah satu teknik Kung Fu yang terkenal Hsing-I-Chuan diciptakan oleh Master Ma Hsieh Li, seorang muslim dari Henan. Teknik ini adalah pembaharuan teknik lama yang telah dibersihkan dari paham kosmologi Taoisme.

Kedua energi ini, eksternal (hard) dan internal (soft), adalah dua kekuatan kosmik yang berlawan; negatif (Yin) dan positif (Yang), dimana salah satu tidak akan wujud tanpa yang lainnya. Perpaduan antara kekerasan dan kelembutan ini menurut Kamouch menjadi ciri khas Muslim Kung Fu. Simbol Tai T’si atau YinYang sendiri diciptakan oleh Syed Umar Shamsuddin, putra mahkota raja Bukhara yang ditawan Genghis Khan dan dibawa ke Peking. Karena kecerdasannya, tahun 1271 M, dia ditunjuk Kublai Khan sebagai Gubernur Yunnan dan digelar Pangeran Hsien Yang.

Wu Shu semakin berkembang ketika Dinasti Ming (1368-1644 M) didirikan oleh Zhu Yuangzhang (1328-1398 M) seorang muslim.  Keenam jenderal perangnya yang terkenal  yang juga beragama Islam yaitu Chang Yuchun, Hu Dahai, Mu Ying, Lan Yu, Feng Sheng, dan Ding Dexing adalah para master Wu Shu.  Jenderal Chang Yuchun dipercaya mengembangkan teknik Kaiping Qiangfa (tombak) yang sampai sekarang masih digunakan.  Pada masa akhir Dinasti Ming, Jenderal Qi Jiquang mencatat di dalam Jixiao Xinshu ada tiga perguruan bela diri yang cukup populer, dikelola oleh keluarga Ma (Muhammad) dan Sha (Salem). Pada masa ini juga diciptakan teknik Hui Hui Shi  ba zhou (18 Jurus Kepalan Hui) yang pernah dianggap sebagai jurus tempur terbaik.

Grandmaster Ma Xianda (1932-sekarang) adalah salah satu dari empat ‘living’ master Wu Shu yang berasal dari keluarga Ma. Beliau sendiri ada guru dari aktor film Kung Fu terkenal Jet Lee. Salah seorang muslim Kung Fu master legendaris adalah Grandmaster Wang Zipping (1881-1973) yang mendapat julukan ‘Singa-nya Kung Fu Cina’.

“Warisan muslim terhadap seni bela diri akan terus berdenyut kencang di jantung Cina”begitu ungkap Kamouch.


WUSHU - artinya Seni Berperang - WUSHU bukan bela diri - tapi artinya SENI MILITER - yaitu beragam cara dan metode untuk memenangkan perang!

apa itu PERANG - perang tidak ada yang adil - satu lawan sepuluh/seribu - curang,kotor, dan penuh tipu muslihat, tidak ada adil/ksatria yang penting menang - beragam alat senjata dan teknologi rahasia dan racun - strategi dan jumlah pasukan - manajemen prajurit, spionase kayak ninja, sniper menggunakan panah dan sumpit atau pisau terbang hingga menyiapkan jendralperang , mentri militer, dan raja terkuat.

WUSHU bukan untuk bela diri one on one, tapi cara memenangkan sebuah PERANG!

buku SUN TZU adalah buku yang pertama mengenai WUSHU, tapi sebelum buku itu ditulis, ilmu berperang sudah membahana kemana - mana. SUNTZU ditulis ribuan tahun lalu, tapi perang lebih tua dari buku itu.

setiap negara dan peradaban memiliki ilmu berperang. Umum metode mereka semua sama, prajurit, senjata, strategi, jendral, spionase/ kayak ninja / racun / senjata lempar / dll....



Dalam menyiapkan sebuah PERANG, tidak bisa satu hari satu malam siap, atau satu tahun siap, tapi menyiapkannya dari usia dini seorang prajurit yaitu umur anak - anak hingga dewasa dan cucu cucu dan seluruh kehidupan yang ada di negara itu sudah disiapkan matang metode kepelatihan WUSHUnya.

WUSHU yang diceritakan disini adalah WUSHU CHINA KUNO, Wushu / seni berperang yang dipakai hingga tahun 1900an / setelah WUSHU KUNO kalah dengan WUSHU modern ( pake meriam, pistol, racun, senjata mesin, apalagi nuklir ?? )

WUSHU CHINA KUNO seperti WUSHU MODERN sangatlah terorganisir rapih, setiap kehidupan bayi ataupun anak disiapkan untuk menjadi alat militer. menjadi sejak mungkin raja pertama, Kaisar Kuning, gak tahu berapa ribu tahun lalu, tapi sebelum Kaisar Kuning ilmu perang pun telah dengan hebatnya berperang. Mungkin sejak awal manusi jadi pandai atau entah awalnya manusia kok bisa berperang satu sama lain gak jelas.

Senjata api ada sejak sekitar tahun 1500an atau 500tahunan kalau saya tidak salah, tapi senjata pedang sudah ada sejak ribuan ribuan tahun lalu. sejarahnya pedang lebih panjang, nilai kehidupan dan darah serta filosofinya jauh lebih dualam daripada pistol!!

Berikut penjelsan sedikit tentang metode kepelatihan WUSHU KUNO yang banyak orang awam zaman sekarang salah kaprah dengan antara berperang dengan berkelahi.

( kembali diingat Wushu China kuno untuk menjadikan prajurit seperti TNI AD, apalagi setingkat KOPASUS apalagi Jendral/Mentri harus dari usia kecil mungkin seperti usia sekarang menjadi atlet Wushu/Gymnastic yaitu usia 8tahunan. Jadi metodenya berbeda dengan zaman sekarang WUSHU MODERN. Maklum pedang perlu waktu luama, pistol cukup beberapa menit )

berikut level - level yang dapat menerangkan APA ITU WUSHU??

LEVEL 1.
1. memiliki kelincahan dan kekuatan serta stamina seperti senam lantai / gymnastic untuk lebih mudah kita mengerti. Senam lantai dari Yunani yang juga merupakan dasar seni berperang mereka, seperti gulat, tinju, lempar lembing,martil, panah, lari, renang, dll... merupakan seni dasarmanusia zaman dulu yang wajib diturunkan ke cucu cicit, makanya ada Olympiade.

kelincahan ini sangat penting, bayangkan memiliki ini di tengah hutan atau gelapnya malam gak ada listrik, atau dikejar 100 tentara, atau dikejar harimau, atau apa aja deh kalo gak lincah kuat dah pasti gak selamat.

dan kelincahan ini harus sejak kecil. Bahasa kerennya GINKANG kata Om Ping Hoo. Usia 7 tahun - 20 tahun masih harus melatih GINKAN ini dengan luar biasa disiplin adn keras unutk mencapai GINKAN tinggi, alias lentur kuat lincah lompat salto seimbang dan sebagainya dll pokoknya kayak sirkus china atau gymnastic dan pelari sprinter serta marathon.

bayangkan anda bertemu musuh seperti ini di malam gelap gulita di hutan, dia pakai baju hitam ninja, dan jumlahnya ribuan. di siang hari adu kejar kejaran wah bagi yang gemuk dan gak ada kelincahan stamina bisa serangan jantung kecapean duluan. belum lagi pisau terbangnya.


LEVEL 2
2. Melatih Koordinasi, mata, keempat tangan ( tidak ada istilah kaki karena fungsinya harus maximal Tongue ), semangat daya juang, konsentrasi dalam melakukan jurus jurus dasar berperang, tangan kosong hinga macam2 senjata.

bayangkan mau bertempur tapi tubuh anda tidak ada koordinasi maximal. mana kanan kiri putar dll bingung jatuh sendiri atau salah salah senjata makan tuan atau kena teman.

Tahap ini dilatih gerakan - gerakan silat tingkat dasar tapi rumit aneh aneh ngejelimet supaya melatih dan mengutamakan kesempurnaan koordinasi tangan, kaki, mata, semangat, daya tahan, dan fokus dll digabung dalam jurus jurus berperang praktisi yang sesuai / yang cocok dengan karakter sifat dan bakat praktisi yang akan diperdalam ke level berikutnya!!

Tahap ini sudah bisa masuk ke jurus tangan kosong dan senjata seperti pedang, tombak, dll. Tahap ini juga sudah mengajarkan serang elak dan pertarungan diatur dan dihapal untuk menambah latihan koordinasi berperang, baik satu lawan satu sampai satu lawan dua puluh tergantung target kelincahan dan kemampuan si praktisi mau. ini masih dalam level koordinasi, daya juang, stamina, dan dasar dasar gerakan berperang tangan kosong hingga beragam senjata denga gerakan rumit ngejelimet.jurus binatang pu bunayak tapi belum tahap mautnya.

TAPI level ini belum mengajarkan jurus - jurus perang maut yang lebih dalam lagi!!

nah SAMPAI TAHAP inilah metode WUSHU dibuka dan disebarluaskan ke dunia menjadi OLAH RAGA WUSHU KUNO sekarang yang anda lihat !!!!!

Menguasai tahap ini adalah tahap singkat dan tidak lengkap dari DASAR WUSHU KUNO.

kalau yang dibawah ini tidak diajarkan ke dunia karena tidak dapat dengan mudah dipertanggung jawabkan/ termasuk berbahaya. walau banyak zaman dulu diajarka sedikit sedikit oleh perantauan ke masyarakat. umum disebut Kung Fu/ KunTao/WUSHU tradisional

3. Melatih jurus maut !
Harus sangat sederhana, efisien dan efektif dan jangan lupa rahasia/tidak ditebak dan maut. Tahap ini akan kembali ke tahap 1 dan 2 diatas tapi dengan jurus tahap 3. termasuk senjata dan tangan kosong serta senjata lempar. tahap ini gak ada lagi gerakan akorbatik atau ngejelimet.tehnik aplikasi tidak lupa diasah ampe tajam reflek dan luar kepala/tubuh menghadapi berbagai macam kemungkinan serangan,elakan, dan penyelesainannya.

umum di tahap ini WUSHU CHINA KUNO tidak mengutamakan grapling, atau jarang gulat di lantai apalagi berlama lama di lantai karena kurang berguna bila berhadapan lebih dari 1 musuh. semisal mau bergulat dengan 4 orang musuh sekaligus, tentu tidak mungkin. tapi jika tehnik mematahkan/menguci dan membanting ada banyak.

lalu jurus elang, monyet, atau jurus binatang banyak diperdalam di sini. juga ilmu jurus maut yang beraneka ragam sesuai bakat alam dan bentuk karakter dan tubuh praktisi yang telah diperhitungkan sejak usia dini.

4. Melatih tubuh - tangan dari jari hingga siku pokoknya semua anggota badan dilatih penempaan keras agar menjadi senjata. proses ini ada 2 cara , yaitu cara yang memakan waktu lama dan waktu singkat.yang terlihat dan yang tak terlihat. termasuk tahan pukul.

5. melatih penggunaan kongkret senjata, bagaimana menusuk pada target dll. umum menggunakan benda mati disabet atau benda mati bergerak agar melatih keakuratan serangan maut senjata. baik senjata lempar, berbagai senjata rahasia, umum jarum yang shaolin peragakan tembus kaca, termasuk panah, biji besi, sumpit, pedang, rantai, dll.

6.Melatih menggunakan kuda, atau kereta kuda, dalam berperang.dan alat alat berat lainnya, ada banyak juga macamnya.termasuk benda keseharian hidup.

7. melatih menggunakan racun, meramu, membuat penawar obat dll. toko obat cina dulu sejak ribuan tahun sukanya tahap ini. banyak ahli beladiri yang juga ke tahap ini. tapi Racun ya pasti disembunyiin atau gak mau dibuat, ntar bahaya.

8. melatih strategi bertempur, gerilya, sendirian, beregu, malam hari, siang hari, dll, di air, darat, dll... spionase, menyamar,dll.

9. melatih kepimpinan, menjadi seorang jendral, atau kapten atau mentri. belajar mengambil kebijakan, menang tanpa berperang. tanpa mengorbankan nyawa dll.. tahap ini its all about POLICY and WISDOM but WIN THE WAR. BLOOD IS THE FINAL ANSWER. dan sifat sifat jendral kesetiaan, moral, dll...

banyak sampai tahap ini bisa kita pelajari di buku/kitab/ dongeng SAM KOK atau buku kisah 3 kerajaan, cerita 2000an tahun lalu.. kuno bgt.

Buku kisah 3 kerajaan SAM KOK dan SUNTZU menerangkan cukup jelas hingga tahap ini.
kedua buku itu salah satu buku luar biasa yang dihargai dunia. Menurutku semua praktisi dan pecinta WUSHU wajib baca!!dan masih banyak dongeng yang perlu dibaca lho..

LEVEL 10
10. Melatih kesehatan kekuatan, melawan penyakit dan serangan makhluk halus alias kuman virus hehehe...dengan mengumpulkan tenaga kehidupan atau istilahnya chi. Tahap ini banyak dicari oleh raja raja zaman dulu. banyak sekali yang salah jalan dan sangat sedikit yang berhasil. umum sekarang orang sebut berlatih Wushu Internal. artinya Wushu yang melatih emosi, egosentris, dendam, tersinggung, kesabaran, dll dan mengumpulkan atau melatih sesuatu yang sangat dekat dengan kehidupan kita sehari hari setiap makhluk hidup, tapi kita sering tidak mengerti, melihat, merasakan. tahap ini tidak berfokus pada tendang pukul, walaupun termasuk WUSHU INTERNAL. bila termasuk tendang pukul itu hanya untuk supaya kita mengerti merasakan apa chi itu. dan tidak sedikit orang yang memanfaatkan tahap chi ini untuk memperlengkap jurus mautnya tahap ke 3 atau di WUSHU level 3 yang saya tulis di atas. Tahap ini akan bersambung di topik lain.

Sekian dongeng APA ITU WUSHU. semoga bisa menjadi bahan hiburan yang menghibur seperti cerita almarhum om Ping Hoo dan dongeng dongeng dari ayah sebelum saya tidur..

penjelasan tahap ini hanya sekilas dan masih termasuk fiksi karena bukti buktinya tidak ada. percaya ga percaya. tapi APA ITU WUSHU umumnya tersirat di cerita forum ini.

Kung Fu Rahasia Muslim Cina

Para tentara Abbasiyah yang telah membantu kekaisaran Cina itu akhirnya banyak yang menetap dan akhirnya kawin mawin dengan perempuan Cina. Keturunan mereka berintegrasi dalam masyarakat Cina yang didominasi suku Han. Muslim Cina dikenal dengan sebutan Hui Hui.

Integrasi Muslim dalam peradaban Cina membuat mereka juga terlibat dalam pengembangan budaya Cina yang sudah terkenal sedunia, bela diri kung fu.

Pada masa itu, seorang pemimpin Muslim Cina wajib menguasai kung fu. Mereka yang masih kuat akan terus berlatih untuk mencapai kesempurnaan fisik dan spiritual. Para pemimpin Muslim Cina menyebarkan pengetahuan dan seni bela diri yang mereka miliki hanya kepada beberapa murid yang berdedikasi.

Dalam perjalanannya selama 1.400 tahun, perkembangan Islam di Cina lekat dengan nasihat Nabi Muhammad SAW bahwa orang yang kuat bukanlah yang mampu melempar yang lain dan menang dalam gulat. Tapi, Muslim yang kuat adalah yang mampu mengendalikan dirinya ketika sedang marah. Hikmah ini terus menerus didengungkan oleh para pemimpin Muslim Cina berkaitan dengan cara mengelola chi (energi dalam) yang bisa digunakan untuk menjinakkan binatang dan menguasai kung fu lebih lanjut. Para pemimpin Muslim sukses mengharmonisasikan bentuk internal dan eksternal kung fu. Hal ini mengingatkan pada ajaran Islam yang tertuang dalam kata ijtihad yang berarti usaha. Hasilnya bisa dilihat pada keefektifan seni bela diri yang dihasilkan, yang didasarkan keimanan pada agama (Islam), kesopanan, prasangka baik, dan bebas kebencian. Hal ini ditunjukkan pada kalimat jiao men yang berarti sekte bela diri untuk mendefinisikan nilai khas mereka dibanding bela diri yang lain.

Kalimat itu berasal dari tetua Hui yang menyebut bela diri sebagai “kegiatan suci“ yang merujuk pada upaya mereka dalam mempertahankan diri menghadapi keadaan gawat. Selain itu, bela diri juga digunakan sebagai alat untuk mendidik stamina generasi muda, biasa diajarkan di sekitar halaman masjid.

Perkembangan kung fu Muslim memiliki sejarah yang panjang. Beberapa jurus berakar dari masa pra Islam, yaitu kekuasaan Dinasti Qing (abad ke 4-5 M). Orang Hui mulai mengadaptasi beberapa jurus wushu, seperti Ba Ji Quan, Pi Gua Zhang, dan Liu He Quan Ada wilayah khusus pusat perkembangan kung fu Muslim, seperti Changzan di Provinsi Hebei. Seni bela diri ini mudah diterima Muslim Cina berbahasa Turki yang melatih gaya ini di Provinsi Xin Jiang.

Seni bela diri Muslim Cina sangat mudah diadaptasikan dan menyebar bersamaan dengan gaya tinju Muslim, sama halnya dengan jurus kung fu Muslim yang sangat terkenal, seperti Pu Yi dan Ba Ji Quan. Teknik paduan tinju dan kung fu ini berhasil memenangkan berbagai kompetisi kung fu dan diterima dengan baik oleh biksu Shaolin maupun mazhab Quanshu.

Saking terkenalnya, para pendekar kung fu Muslim ini menjadi tulang punggung penjagaan kaisar Cina. Umumnya mereka adalah murid Li Shu Wen. Misalnya, Huo Diange yang merupakan bodyguard Pu Yi, kaisar terakhir Cina, Li Chen Wu menjadi bodyguard pemimpin komunis Mao Zedong, dan Liu Yunqiao yang menjadi agen rahasia Kuomintang dan pelatih bodyguard Chiang Kai Shek. Akhirnya, Ba Ji Quan dikenal sebagai gaya bodyguard yang masih dipakai sebagai jurus andalan pengawal presiden Cina.

Jurus rahasia

Orang Hui telah melatih kung funya selama ratusan tahun. Seni bela diri Muslim tingkat tinggi biasanya rahasia. Mereka yang mempelajarinya sudah disiapkan untuk melindungi kalangan terdekatnya dari serangan kelompok luar. Beberapa jurus kung fu diajarkan sembungi-sembunyi.

Seni bela diri Hui dipelajari sebagai sistem kung fu mereka sendiri.

Namun, seni bela diri Muslim tidak jauh beda dengan aliran kung fu yang lain. Ada jurus-jurus yang diajarkan pendeta Tao kepada orang Hui, seperti jurus gerakan cepat dengan aneka tendangan dan cara berkelit. Seni bela diri Muslim juga mempunyai jurus menggunakan senjata seperti yang dimiliki aliran kung fu lainnya.

Seperti para pendekar Shaolin dan perkumpulan pedang Wudang, pemimpin Muslim Cina kebanyakan berlatih kung fu dalam disiplin keras.

Pendekar kung fu Muslim kebanyakan mendasarkan latihannya pada pola doktrin dalam Islam. Misalnya, jurus yang terilhami bentuk huruf hijaiah.

Beberapa jurus kung fu Muslim ternyata sudah sangat tua dan jarang ditemukan. Misalnya, Huihui Shiba Zhou hampir hilang keseluruhan Kung fu Muslim, seperti halnya aliran kung fu lain yang bersifat rahasia, mulai dibuka sejak abad ke-20.

Saat ini, beberapa jurus kung fu Muslim mulai populer secara internasional. Jurus kung fu yang ditemukan atau dikembangkan oleh Muslim Hui meliputi Tan Tui, Baji Quan, Zhaquan, Qishiquan, Tantui, Piguaquan, dan Huihui Shiba Zhou.

KOMENTAR

BLOGGER
islamic'
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,18,Akhir Zaman Ebook,35,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,9,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,4,apk salat,3,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,10,Audio,13,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,4,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,27,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,4,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,26,Download Ebook Kristologi,18,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,6,Ebook Keluarga,3,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,1,Ekonomi Islam,25,Freemasonry,22,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Gusdur,3,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,17,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,10,Komunis,2,Konspirasi Amerika,18,konspirasi zionis,62,Kristologi,54,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,27,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,18,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,13,Permasalahan Islami,19,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,39,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,56,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Best Book,1,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,6,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,9,video sosial eksperimen,4,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,15,
ltr
item
love is rasa: Sejarah Whusu Jurus Maut Kungfu Rahasia Cina - Level Whusu dan Program Kebebasan Jiwa Fisik dan Batin
Sejarah Whusu Jurus Maut Kungfu Rahasia Cina - Level Whusu dan Program Kebebasan Jiwa Fisik dan Batin
Sejarah Kungfu Whusu Rahasia Cina | Grandmaster Wang Zipping | Jurus rahasia | Seni bela diri Hui |
https://2.bp.blogspot.com/-bFPTDNh5WH8/Vrf-yVRYHwI/AAAAAAAADB4/NyHV_wj05ss/s400/kung-fu-wangziping%2Bmuslim.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-bFPTDNh5WH8/Vrf-yVRYHwI/AAAAAAAADB4/NyHV_wj05ss/s72-c/kung-fu-wangziping%2Bmuslim.jpg
love is rasa
http://love-is-rasa.blogspot.com/2016/02/kungfu-wong-muslim.html
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/2016/02/kungfu-wong-muslim.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Load Semua Postingan Tidak ditemukan postingan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua REKOMENDASI UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan entri sesuai dengan permintaan anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI TERKUNCI PREMIUM Silahkan bagikan untuk mengakses konten Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin