The Jesus Seminar


# "Yesus tidak meminta kita untuk percaya bahwa kematiannya adalah suatu pengorbanan darah, bahwa ia akan mati untuk dosa kita."
# "Yesus tidak meminta kita untuk percaya bahwa ia adalah mesias Dia tentu tak pernah berpandangan bahwa ia adalah pribadi kedua dari trinitas.. Bahkan, ia jarang menyebut dirinya sama sekali."
# "Yesus tidak memanggil orang untuk bertobat, atau cepat, atau mengamati hari Sabat Ia tidak mengancam dengan neraka atau surga janji.."
# "Yesus tidak meminta kita untuk percaya bahwa ia akan dibangkitkan dari kematian."
# "Yesus tidak meminta kita untuk percaya bahwa ia lahir dari seorang perawan."
# "Yesus tidak menganggap Alkitab sebagai sempurna atau bahkan terinspirasi."
Demikian kata Robert W. Funk, Arsitek dan Pendiri dari Seminar Yesus, dalam Keynote Address dengan Jesus Seminar Fellows pada musim semi tahun 1994. (1) Seminar Yesus telah menerima cakupan yang luas akhir-akhir ini di majalah seperti Time, Newsweek, US News & World Report, dan juga di televisi jaringan.

Biografis
The Jesus Seminar Fellows

Seminar Yesus adalah sekelompok sarjana Perjanjian Baru yang telah bertemu secara berkala sejak tahun 1985. Dua ratus awal kini telah menyusut menjadi sekitar tujuh puluh empat anggota aktif. Mereka pada awalnya difokuskan pada ucapan-ucapan Yesus dalam keempat Injil untuk menentukan kemungkinan-Nya benar-benar telah mengatakan hal yang dikaitkan kepada-Nya dalam Matius, Markus, Lukas, dan Yohanes. Setiap sarjana ditawarkan / nya pendapatnya pada setiap pernyataan "Yesus" melalui pemungutan suara dengan manik berwarna berbeda:

# Merah: Yesus pasti mengatakan hal ini atau sesuatu yang sangat menyukainya.
# Pink: Yesus mungkin atau mungkin mengatakan sesuatu seperti ini.
# Gray: Yesus tidak mengatakan ini, tetapi ide-ide yang dekat dengan-Nya sendiri.
# Hitam: Yesus tidak mengatakan ini, itu merupakan sebuah tradisi kemudian.
Kesimpulan pilihnya: Lebih dari 80% dari laporan dikaitkan dengan Yesus dalam Injil, dengan konsensus suara, baik abu-abu atau hitam. Ini berarti bahwa hanya 20% dari pernyataan Yesus mungkin telah diucapkan oleh-Nya. 80% lainnya yang paling pasti, kata mereka, tidak akan pernah diucapkan oleh Yesus.

Kesimpulan mereka dipublikasikan pada tahun 1993 dalam buku berjudul, The Five Gospels: The Search for Firman Authentic Yesus. Penulis utama dari buku, Robert W. Funk, juga merupakan Pendiri dan Ketua dari Seminar Yesus, dibuat hasil diskusi mereka dalam format yang licin, warna-kode dengan grafik, gambar, lampiran, dan catatan kaki berlebihan. (Injil Thomas adalah untuk disertakan dengan keempat Injil tradisional, kata mereka.)

Siapa orang-sarjana, dan apa identitasnya? Robert W. Funk, mantan profesor Perjanjian Baru di Universitas Montana adalah pemimpin yang paling menonjol. Dia bergabung dengan dua kontributor utama lainnya, John Dominic Crossan, dari DePaul University, Chicago, yang telah menulis beberapa buku termasuk The Historical Jesus: The Life dari Petani Yahudi Mediterania, Yesus Esensial, Yesus: Sebuah Biografi Revolusi, dan Marcus Borg dari Oregon State University, juga penulis beberapa buku termasuk: Yesus: Sebuah Visi Baru dan Rapat Sekali lagi Yesus untuk Pertama Kalinya: Yesus Sejarah dan Hati Iman Kontemporer.

Dari peserta aktif yang tersisa, hanya empat belas yang terkenal ahli dalam studi Perjanjian Baru. Dua puluh dikenali dalam batas-batas sempit disiplin, tetapi mereka tidak dipublikasikan secara luas melampaui beberapa artikel jurnal atau disertasi. Empat puluh sisanya yang hampir tidak diketahui, dan kebanyakan mereka adalah baik di Harvard, Vanderbilt, atau Claremont College, tiga universitas secara luas dianggap di antara yang paling liberal di lapangan.

Masyarakat, terkena oleh massa publisitas dan perhatian diberikan kepada Jesus Seminar oleh media telah cenderung menganggap bahwa teori-teori ulama mewakili "ujung tombak," pikir arus utama Perjanjian Baru saat ini. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran.

Hampir semua sarjana Amerika. Beasiswa Eropa hampir tidak ada dan, yang menjadi kasus, itu akan menjadi tidak akurat, jika tidak menipu bagi para peserta Seminar Yesus menampilkan diri, pekerjaan mereka, dan kesimpulan mereka sebagai konsensus, luas wakil dari beasiswa di seluruh dunia Perjanjian Baru.

Sementara media dan masyarakat umum mungkin cenderung mudah ditipu dan naif tentang wewenang dan temuan dari Seminar Yesus, orang Kristen tidak perlu diintimidasi.

Filosofis
Mengapa gerakan ini penting? Haruskah orang Kristen menjadi peduli dengan ini? Bukankah tradisi Injil harus skeptis dan kritikus selama berabad-abad? Apa yang berbeda tentang Jesus Seminar?

Para sarjana sejak Pencerahan abad kedelapan belas telah mempertanyakan hal-hal seperti mujizat-mujizat, nubuat, dan pernyataan-pernyataan yang luar biasa Kristus dalam Injil.

Dimulai di Jerman, perpisahan mulai terjadi antara "Yesus Sejarah" dan "Kristus Iman"; yaitu dia datang untuk populer diyakini bahwa seorang pria bernama Yesus benar-benar hidup, tapi itu mitos fantastis tumbuh di sekitar-Nya dan tentang kekuatan-Nya dan klaim, dan dengan demikian Ia menjadi bagi banyak "Kristus Iman" dalam cerita, simbol ibadah, dan. Para sarjana mempromosikan pemisahan ini menyimpulkan bahwa sejarah Alkitab tidak apa yang penting, tetapi lebih tepatnya, pengalaman pribadi seseorang, pencarian seseorang akan makna dan kebenaran abadi. Mereka merupakan kepentingan utama untuk individu.

Seminar Yesus berdiri dalam tradisi ini. Tapi yang paling signifikan tentang pekerjaan mereka adalah bahwa hal itu telah melebar lingkaran kesadaran (yaitu, masyarakat umum) untuk studi Perjanjian Baru dan kritik, dan fokus pada isu-isu yang hingga kini telah terutama terbatas pada diskusi akademik Perjanjian Baru ulama.

Kelompok ini telah dipertanyakan keaslian sangat dan validitas kitab-kitab Injil yang terletak di pusat kredibilitas kekristenan. Jika apa yang dianjurkan Jesus Seminar secara historis akurat, lebih cepat komunitas Kristen naif dapat dididik untuk fakta-fakta ini semakin baik, menurut para ulama.

Sebuah presuposisi utama dari Seminar Yesus, karena itu, adalah pandangan dunia filsafat naturalistik yang kategoris menyangkal supranatural. Oleh karena itu mereka mengatakan kita harus waspada terhadap berikut ini dalam Injil:

1. Pernyataan kenabian. Prediksi oleh Yesus dari hal-hal seperti penghancuran Bait Allah, atau Yerusalem, atau kebangkitan-Nya sendiri adalah tambahan kemudian sastra atau interpolasi. Bagaimana kita tahu ini? Karena tidak ada yang bisa memprediksi masa depan. Jadi mereka HARUS telah ditambahkan kemudian oleh pengikut bersemangat.
2. Mukjizat. Karena mukjizat itu tidak mungkin, setiap keajaiban yang dicatat dalam Injil harus menjadi elaborasi kemudian oleh murid atau pengikut mengagumi, atau harus dijelaskan atas dasar beberapa penyebab fisik atau alami (yaitu, memberi makan 5.000: Yesus memberikan sinyal , dan semua yang hadir mencapai di bawah jubah, menarik diri mereka sendiri "makan siang karung," dan makan bersama-sama!).
3. Klaim Yesus. Kristus menyatakan dirinya sebagai Tuhan, Juruselamat, Mesias, Hakim, Pengampun dosa, korban Anak Domba Allah, dll Semua ini, kata para Fellows Yesus, adalah karya selanjutnya dari pengikut setia-Nya. Yesus historis tidak pernah mengklaim hal-hal ini bagi diri-Nya, seperti yang menyimpulkan Funk di disebutkan di atas-nya pernyataan. Realitas adalah tidak seperti ini. Tidak mungkin benar.

Oleh karena itu Fellows Yesus menyatakan bahwa Injil tidak mungkin ditulis oleh saksi mata di pertengahan abad pertama. Atas dasar ini presuposisi filosofis, Jesus Seminar menganggap dirinya secara pribadi dan kolektif bebas untuk memilih atau membuang pernyataan dari Injil yang secara filosofis menjijikkan.

Ada yang baru tentang pendekatan dalam keilmuan Perjanjian Baru tidak ada. Thomas Jefferson, seorang patriot Amerika yang besar dan presiden melakukan hal yang sama di akhir 1700-an dengan hasil yang hampir identik. Dia mengagumi Yesus sebagai orang yang bermoral, tetapi seperti Fellows Yesus, ia diasumsikan semua unsur supranatural dan yang luar biasa dalam Injil itu tidak dapat diandalkan dan tidak mungkin benar. Dengan gunting dan paste, Jefferson dipotong dari Injil setiap dan segala sesuatu yang bertentangan dengan hukum alam dan alasan sendiri.

Ketika dia selesai proyeknya, hanya 82 kolom dari keempat Injil dari Alkitab King James-nya tetap dari 700 asli. Yang lain sembilan per sepuluh berbaring di lantai ruang potong. Jefferson ciptaannya berjudul Kehidupan dan Moral Yesus, dan bukunya berakhir dengan kata-kata, "Ada meletakkan mereka Yesus ... dan berguling sebuah batu besar ke pintu kubur itu dan pergi." (2)

Jefferson dan Fellows Yesus, seperti semua skeptis, lebih memilih alasan mereka sendiri dan bias atas kemungkinan bahwa Injil adalah akurat dalam apa yang mereka katakan tentang mujizat, nubuat, dan pernyataan-pernyataan Kristus. Mereka seperti orang yang mengunjungi psikiater dan memberitahukannya dari masalah serius: "Saya pikir saya sudah mati!" Psikiater itu mengatakan, "Itu adalah masalah serius Boleh saya mengajukan pertanyaan? Apakah Anda percaya bahwa pria berdarah mati?." Pria itu dengan cepat menjawab, "Tentu saja tidak pria Mati. Tidak mengalami pendarahan." Psikiater mencapai ke depan, dan mengambil pin topi, dia ditusuk jari pria itu. Pria itu menatap jari berdarah dan berseru, "Nah, apa yang Anda tahu Mati pria berdarah setelah semua!!"

Resmi
Para Fellows Yesus, atas dasar bias naturalistik mereka, menyimpulkan bahwa setidaknya Injil Sinoptik (Matius, Markus, Lukas) tidak mungkin ditulis pada tradisi waktu dan banyak sarjana Perjanjian Baru menganggap mereka. "Prioritas Markus" sebagai Injil paling awal ditulis memiliki yang kuat (tapi tidak universal) dukungan. Namun Markus 13 catatan prediksi Yesus tentang kehancuran Bait Allah, sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi sampai tahun 70.

Sejak Fellows Yesus tidak percaya ramalan adalah mungkin, mereka menilai Markus, "awal" dari Injil, telah ditulis setelah penghancuran Bait Suci dan Yerusalem pada tahun 70 M oleh Roma. Jika Injil Markus ditulis tahun 70-an awal, masih nanti tanggal ini kemudian diperlukan untuk Matius dan Lukas, untuk tidak mengatakan Kitab Kisah Para Rasul yang harus mengikuti mereka dengan tanggal bahkan kemudian.

Sekarang, ini memberikan Cendekiawan Yesus "jendela" dari sekitar 40 tahun dari saat kematian Yesus (AD 32.) Untuk kejatuhan Yerusalem (AD 70) untuk mencari sumber-sumber sebelumnya tidak memiliki mukjizat dan klaim yang luar biasa. Mereka berpikir mereka telah menemukan dua sumber primer seperti yang sesuai asumsi mereka. Yang pertama adalah "Q" sumber, atau "Quelle."

Sinoptik / Quelle
Telah lama diamati bahwa Matius, Markus, dan Lukas pasti punya semacam hubungan simbiosis, seolah-olah mereka menyadari satu sama lain, atau menggunakan sumber yang sama, atau beberapa sumber yang sama. Teori yang berlaku adalah bahwa Markus (terpendek dari tiga) ditulis pertama, dan kemudian secara substansial dimasukkan ke dalam Matius dan Lukas. Ada perjanjian tinggi, tetapi tidak total, dalam rekening paralel Matius dan Lukas di mana dua mencerminkan kitab Markus.

Tapi Matius dan Lukas memiliki bahan tambahan, sekitar 250 ayat (yaitu, cerita-cerita Natal, elaborasi lebih besar pada peristiwa kebangkitan, dll). Dan ada beberapa ayat yang umum Matius dan Lukas, tetapi tidak ditemukan dalam Markus. Dengan demikian banyak sarjana menyimpulkan ada beberapa dokumen lain atau sumber yang tersedia bagi Matius dan Lukas yang menjelaskan mengapa mereka mengandung 250 ayat tambahan bersama dengan korpus Markus. Para ulama telah ditunjuk bahan ini sebagai "Q", atau "Quelle", yang adalah kata Jerman untuk "Sumber." Di luar kitab-kitab Injil Sinoptik, tidak ada bukti dokumen tertulis untuk mendukung Quelle.

Sejumlah sarjana Perjanjian Baru dengan demikian mengklaim bahwa Quelle pasti dokumen, awal tertulis yang mendahului penulisan Injil-Injil Sinoptik dan dimasukkan ke dalam mereka. Dan mereka mengklaim bahwa dalam 250 ayat kita hanya menemukan sangat "normal, manusia" Yesus yang lebih mungkin telah menjadi manusia sejarah.

Injil Thomas
Sumber kedua diberikan prioritas tinggi dan preferensi oleh Fellows Seminar Yesus adalah Injil Thomas. Bahkan, mereka menghargainya begitu tinggi mereka telah menempatkan itu di samping empat yang tradisional, memberikan sama, jika keasliannya tidak unggul, nilai dan sejarah.

Salinan lengkap dari Injil Thomas ditemukan pada 1940-an di sebuah situs Mesir bernama Nag Hammadi, dimana arkeolog menemukan sebuah perpustakaan seluruh teks kuno termasuk Injil Thomas. Ini bertanggal sekitar tahun 400 dan ditulis dalam Koptik, bahasa gereja Mesir kuno. Cache ini menakjubkan terdiri dari teks-teks Kristen dan Gnostik awal.

Injil Thomas ini sekarang telah dipelajari selama empat puluh tahun, dan kesimpulan yang luar biasa dari ulama di seluruh dunia adalah bahwa dokumen membawa banyak tanda identifikasi dari sebuah genre sastra Gnostik, dari sebuah sekte terkemuka di Mesir dan Lembah Nil selama kedua, abad ketiga, dan keempat.

Telah hampir secara universal dianggap bahwa kesejajaran dalam Thomas untuk Injil Perjanjian Baru dan surat-surat disalin atau diparafrasekan (bukan sebaliknya, sebagai Fellows Yesus mengklaim) agar sesuai dengan tujuan Gnostik, ajaran yang menentang semua ide-ide tentang Tuhan yang supranatural di daging Siapa yang bisa melakukan mujizat, mengampuni dosa, dan bangkit dari kematian. Para Cendekiawan Jesus Seminar telah sesuai Thomas baik bersama-sama dengan "Q" untuk membingkai sebuah potret historis Yesus yang jumlahnya terutama tergantung dua sumber.

Para Cendekiawan Yesus telah menyatakan bahwa Injil Thomas dan Sumber Q ditulis dalam empat puluh tahun antara kematian Yesus dan kejatuhan Yerusalem, mendorong maju penulisan keempat Injil kanonik (kebutuhan pada bagian mereka untuk menegakkan teori mereka) untuk sangat terlambat dalam abad pertama.

Kronologis
Selain sepenuhnya mengabaikan surat-surat Paulus yang ditulis antara tahun 45 dan kemartirannya di tangan Nero pada tahun 68, Fellows Yesus memiliki masalah kritis dalam teori pas mereka ke dalam kronologi abad pertama.

Dalam bab terakhir dari Kitab Kisah Para Rasul (28), Lukas meninggalkan kita dengan kesan bahwa Paulus di Roma, dan masih hidup. Tradisi mengatakan ia meninggal pada 68 Masehi. Dalam Kisah Para Rasul, Lukas menunjukkan kesadaran yang tajam orang, tempat dan peristiwa kontemporer, baik di dalam dan di luar gereja. Dan ia mencatat martir dari kedua Stephen dan James. Sangat tidak mungkin, jika kematian Paulus dan Petrus dan kejatuhan Yerusalem (AD 70) telah terjadi ketika Lukas menulis Kisah Para Rasul, bahwa ia akan gagal untuk merekam peristiwa-peristiwa yang paling penting.

Sarjana Perjanjian Baru dalam perjanjian yang kuat bahwa siapa pun yang menulis Kisah Para Rasul juga menulis Injil Lukas dua volume oleh satu penulis, baik yang ditujukan kepada seorang pria bernama "Teofilus." Dan karena Lukas seharusnya telah memasukkan Mark dan bahan Sumber Q ke dalam penulisan Injil sendiri, dan Kisah Para Rasul ditulis setelah Lukas, tapi sebelum kematian Paulus (AD 68) dan jatuhnya Yerusalem (AD 70), kemudian Mark dan Quelle harus telah ditulis oleh 60-an pertengahan. Kesulitan yang sama dalam Lukas ada dengan Markus, yang dikatakan telah menulis Injilnya dengan Peter sebagai sumber, Peter yang telah martir di Roma sekitar waktu yang sama seperti Paulus.

Sangat tidak mungkin bahwa kedua sumber tidak jelas, Quelle dan Injil Thomas, bisa saja beredar di seluruh komunitas Kristen dan memiliki dampak seperti yang mereka dibayangi apa Paulus pada saat yang sama mengatakan tentang Yesus dalam semua surat-suratnya.

Sejarah gereja nyata tidak baik kepada Fellows Yesus pada saat ini. Gereja tidak pertama berkembang di Lembah Nil dan menyebar di tempat lain. Pola jelas ekspansi baik dari Alkitab dan tulisan-tulisan patristik yang paling awal adalah dari Yerusalem ke Antiokhia, Asia Kecil, Yunani, dan akhirnya Roma. Ironisnya, yang paling awal dari para Bapa Gereja, Clement dari Roma (ca. AD 30 sampai ca tahun 100.) Menulis dari Roma pada akhir abad pertama surat kepada jemaat di Korintus (1 Clement) yang dianggap sebagai tertua surat setelah tulisan-tulisan para Rasul. Ia memiliki perawakan seperti di gereja awal bahwa itu awalnya dianggap oleh beberapa menjadi bagian dari Canon. Semua bapak gereja lainnya awal (abad ke-2) yang tersebar di kota-kota sekitar dalam bidang-bidang tersebut di atas, dengan pengecualian Clement dari Alexandria (c. AD 150 AD ke c 215.) Yang mencerminkan beberapa ide Gnostik dalam ajarannya.

Kronologi yang lebih tradisional dan diterima untuk dokumen yang sedang dipertimbangkan adalah sebagai berikut:

Kencan / kronologi Karangan Abad Pertama
(Semua tanggal adalah Masehi)

Tidak terbantahkan:
Akhir Abad Pertama: 100
Kejatuhan Yerusalem: 70
Kemartiran Paulus dan Petrus: 68
Surat-surat Paulus: 45-68
Beberapa Tradisi Lisan: 32-70
Penyaliban Yesus: 32

Tradisional: (3)
Klemens dari Roma: 96
Wahyu (Yohanes): 96
Surat-surat Yohanes: 90-94
Injil Yohanes: 85-90
Kisah Rasul: 66-68
Matius & Lukas: 64-66
Injil Markus: 64-65

Yesus Seminar: (4)
Injil Yohanes: 85-90
Kisah Rasul: 80-100
Injil Lukas: 80-100
Injil Matius: 80-90
Injil Markus: 70-80
Injil Thomas: 70-100

Dalam membandingkan dua kronologi, tampak ada saja tidak cukup waktu untuk Yesus sederhana sejarah berkembang ke dalam Kristus dari iman. Mitos dan legenda membutuhkan waktu untuk berkembang. Tidak ada yang tersedia pada abad pertama untuk mengakomodasi teori Seminar Yesus.

Kristologis
Berdasarkan Injil Thomas dan Quelle, Fellows Yesus percaya bahwa Yesus sejarah hanyalah bijak, seorang pemintal dari satu kalimat, teller perumpamaan, seorang pengkhotbah yang efektif. Ini adalah apa yang secara historis menurut para ulama. The "Kristologi tinggi" (fenomena supranatural, klaim mesianik, mujizat-mujizat, penebusan dosa, kebangkitan) semua datang sebagai hasil dari sebuah komunitas gereja yang dianiaya yang membutuhkan Allah lebih kuat untuk dorongan dan ibadah. Penderitaan-Nya, para pengikut fanatik yang bertanggung jawab atas hiasan yang menciptakan "Kristus Iman." Yesus yang sesungguhnya adalah, menawan cerah, petani menyortir, mengartikulasikan seperti Will Rogers.

Potret lain Berbagai Yesus telah menjamur di kalangan Fellows Yesus, menunjukkan bahwa dia adalah seorang jenius agama, seorang revolusioner sosial, nabi eskatologis. Dia semua hal ini, kita akan mengatakan, tapi menawarkan bahwa Dia adalah sesuatu yang lebih.

Seminar Yesus mengasumsikan "kristologi rendah" (Yesus sebagai seorang bijaksana petani) mendahului "kristologi tinggi" yang diciptakan kemudian oleh gereja. Apakah ada sesuatu yang akan menyarankan sebaliknya?

Surat-surat Paulus
Rasul Paulus dilakukan gereja-tanam pelayanannya antara sekitar 40 sampai saat kematiannya, AD 68. Itu juga selama ini bahwa dia menulis semua surat-suratnya. Sementara beberapa sarjana Perjanjian Baru mempertanyakan keaslian kepenulisan Paulus dari sejumlah surat-surat ini, hampir semua, bahkan yang paling liberal, akan menerima Roma, 1 dan 2 Korintus, Galatia dan sebagai benar-benar Pauline.

Apa semacam "Kristologi" yang kita temukan dalam surat-surat? Sebuah kristologi tinggi. Seminar Yesus meminta kita untuk percaya bahwa pada saat yang sama Injil Thomas dan sumber Q yang diduga telah ditulis menggambarkan Yesus sebagai seorang bijaksana, petani bijak, Paulus menanam gereja-gereja di seluruh dunia Mediterania dan menganggap untuk Yesus kristologi tinggi yang sama ditemukan kemudian dalam empat Injil!

Dewan Yerusalem dicatat dalam Kisah Rasul 15 jelas menunjukkan bahwa Paulus menyadari dan terhubung ke Yerusalem dan kepemimpinan gereja nya (Petrus dan Yakobus). Setelah Paulus dan Barnabas Dewan diberi tugas ekspres mengambil dan mendistribusikan ke gereja-gereja dokumen tertulis instruksi Dewan tentang bagaimana bangsa-bangsa itu harus dimasukkan ke dalam gereja.

Seminar Yesus hanya memilih untuk mengabaikan massa jelas, Pauline bukti hampir secara universal diterima oleh para sarjana Perjanjian Baru. Gagasan bahwa kristologi tinggi (Injil dan surat-surat) berkembang dari sebuah kristologi rendah (Injil Thomas, Quelle) adalah unsupportable.

Yesus Sage
Jika kita menerima gagasan Yesus Seminar bahwa Yesus sejarah adalah seorang petani sederhana kemudian dipuja dan didewakan, dengan apa yang kita tersisa? Yesus begitu dipreteli bahwa Dia menjadi "dummy Kristen" gereja abad pertama! Masyarakat lebih cemerlang dari pemimpin! Bahkan Renan, yang skeptis Perancis mengatakan, "Ini akan mengambil Yesus untuk menempa Yesus." Selanjutnya, jika Yesus adalah seperti "orang biasa", mengapa Ia disalibkan? Penyaliban oleh orang Romawi digunakan hanya untuk deviants, malcontents, dan revolusioner politik (seperti Barabas). Apa ini petani sederhana lakukan untuk membuat semacam aduk bahwa Dia akan menderita seperti kematian?

Seminar Yesus penggambaran Yesus tidak bisa menjelaskan ledakan kekristenan pada abad-abad pertama dan kedua. Dengan pandangan mereka tentang Kristus, mereka tidak dapat membuat penyebab monumental cukup untuk menjelaskan, efek didokumentasikan sejarah bahwa bahkan mereka harus menerimanya.

© 1996 Probe Ministries

Catatan

1. Robert W. Funk, "Injil Yesus dan Yesus dari Injil," The Fourth R (November / Desember, 1993), hal. 8.
2. Smithsonian.
3. Merrill F. Unger, Unger Alkitab Handbook (Chicago: Moody, 1967), Matius, 470ff (Mat), 493 (Mrk), 511 (Luk), 543 (Yoh), 567 (Kisah Para Rasul).
4. Robert J. Miller, Editor. Para Lengkap Injil (Harper SanFrancisco, sebuah divisi dari Penerbit Harper Collins, 1994). pp 10 (Mk), 56 (juta ton), 198 (Yoh). Catatan: tanggal untuk Lukas-Kisah Para Rasul tidak disediakan, tapi berdasarkan tanggal buku untuk Mark, kita akan menganggap 80 sampai 100 AD
5. James R. Edwards, "Siapa Jangan Cendekiawan Katakanlah Bahwa Aku?" Christianity Today: 4 Maret 1996, hal. 17.


Tentang Penulis
James F. Williams adalah pendiri dan mantan presiden Probe Ministries International, dan saat ini menjabat sebagai Menteri Besar di. Dia memegang gelar dari Southern Methodist University (BA) dan Dallas Theological Seminary (Th.M.). Dia juga telah melakukan antar-disiplin studi doktoral (abd) di humaniora di Universitas Texas di Dallas.

James F. William

Terkait Khusus

Kristologi 6720673361452290812

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item