Download Ebook Pemurnian Sejarah Islam - Pidato Hamka



Nilai  lebih  dari  pidato  Hamka  ini  terutama  selain  beliau  bicara  mengenai  sejarah  perjuangan  Islam  di  Indonesia  secara  ringkas,  beliau  pun  merupakan  saksi  dari  sejarah  yang  sedang  beliau  paparkan.  Hamka  banyak  melakukan  riset  mengenai  sejarah Islam di dunia khususnya asia tenggara dan terlebih khusus lagi Indonesia.  Beliau  banyak  malakukan  safar  ke  seluruh  negeri  untuk  mengumpulkan  teks-teks  naskah  peninggalan  lama  dan  riset-riset  sejarah  para  orientalis  dan  sejarawan  Belanda. Dari riset beliau selama puluhan tahun itu dikumpulkannya dan diantaranya  dimuat pada bukunya berjudul “Sejarah Islam” sejumlah lima jilid.

Terkadang beliau menguatkan satu tesis dan terkadang beliau membantah teori-teori  yang dikemukakan sebagian orientalis, semisal beliau menolak pandangan mereka  bahwa  proses  masuknya  Islam  berdasarkan  “Teori  Gujarat”  yang  sampai  hari  ini  masih diajarkan di sekolah-sekolah. Maka jadilah riset beliau sebagai rujukan primer  para akademisi dan ‘ulama yang concern terhadap sejarah Islam, karena riset beliau  sangat otentik dan teruji ditinjau seringnya beliau mempertahankan tesisnya dalam  diskusi ilmiah.

Tentu  bukan  hal  mudah  untuk  melakukan  tulis  ulang  sejarah  Islam  sekaliber  riset  Hamka.  Hal  ini  karena  hilangnya  atau  sulitnya  menemukan  naskah-naskah  kuno  Indonesia  dan  minimnya  kemampuan  bahasa  Belanda  untuk  menelaah  riset  awal  yang dirintis sebagian orientalis Belanda. Adapun pidato Hamka ini, kurang lebihnya  merupakan ringkasan dari riset beliau terhadap sejarah Islam Indonesia, dan terlebih  khusus perjuangan para pendahulu beliau yang sezaman dalam meluruskan aqidah  Islam dari bahaya penyakit Tahayul, Bid’ah, dan Churafat (TBC).

Sampainya Islam dengan wajah sebagaimana kita dapati hari ini adalah dari darah,  harta,  dan  air  mata  para  ‘ulama  dan  pendahulu  umat.  Sudah  selayaknya  kita  meneladani dan menyebarkan kisah perjuangan mereka sebagaimana hak mereka  untuk diingat dan didoakan.

UNDUH PDF

Terkait Khusus

Sejarah dan Biografi Islam 2680866074160965706

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item