Download Terjemah Kitab Lubaabun Nuquul fi Asbaabin Nuzuul oleh Imam Jalaluddin Assuyuthi


Judul kitab : Lubabun Nuqul Fi Asbabin Nuzul
Penulis : Jalaluddin, Abdurrohman As-Suyuthi

سْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

اللهُم َّصلِّ علٰى سَيِّدنا مُحَمّدٍ عبدِكَ وَنبيِّكَ ورسولِكَ النَّبيِّ الاُمِيّ وَعلٰى اٰلهِ وَصَحْبِهِ وسَلِّم تسليماً بقدرِ عظمةِ ذاَتِكَ في كـُلِّ وَقتٍ وَحيـنٍ


Kitab Asbabun Nuzul yang telah banyak dikenal oleh kalangan orang-orang yang mendalami al-Islam, adalah Kitab “Lubabun Nuqul fi Asbabin Nuzul” yang disusun oleh Imam Jalaluddin Assuyuthi. Kitab tersebut melukiskan latar belakang peristiwa turunnya ayat-ayat al-Qur’an berlandaskan Hadits Rasulullah saw melalui para rawinya.

Dengan mengetahui latar belakang peristiwa turunnya ayat-ayat al-Qur’an, para pembaca akan memperoleh gambaran yang lebih mendalam tentang isi al-Qur’an. Latar belakang peristiwa turunnya ayat-ayat al-Qur’an akan memberikan bahan yang penting dalam usaha menafsirkan ayat-ayat itu.

Pengetahuan tentang sebab turunnya ayat membantu memahami kendungan ayat tersebut. Karena dengan mengetahui sebab turunnya ayat, seseorang dapat mengetahui akibat yang merupakan buah dari sebab itu. Beberapa orang dari kalangan salaf tidak jarang mengalami kesulitan dalam memahami makna-makna ayat Al-Qur'an. Namun ketika mereka mengetahui sebab turunnya ayat tersebut, sirnalah kesulitan yang menghalangi pemahaman mereka.

Mempelajari isi al-Qur’an akan menambah perbendaharaan baru, memperluas pandangan dan pengetahuan, meningkatnya perspektif baru dan selalu menemui hal-hal yang selalu baru. Lebih jauh lagi kita akan lebih yakin akan ke-unik-kan isinya yang menunjukkan Maha Besar Allah Pengasih Penyayang, sebagai penciptanya.

Berbagai usaha telah dilakukan orang dalam menganalisa isi al-Qur’an itu, dan ternyata makin banyak kita menganalisa dan membahasnya, makin diketahui betapa kecilnya kemampuan manusia apabila dibandingkan dengan kebesaran Allah swt.

Apabiala kita meneliti cara pendekatan al-Qur’an akan didapatkan dua cara:

1. Pendekatan yang tidak didahului pertanyaan.

Ayat diturunkan berisikan perintah langsung mis.nya “Wahai orang-orang yang beriman; diwajibkan kepada kalian shaum, sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang terdahulu daripada kalian, supaya kalian bertaqwa.” (Q S Al-Baqarah: 264).

2. Pendekatan sebagai jawaban terhadap pertanyaan.

a. Pertanyaan kaum Muslimin/Mu’minin yang ditujukan kepada Nabi saw. berkenaan dengan hal-hal yang belum ada ketetapan dari Allah swt atau sebagai penjelasan lebih lanjut., misalnya: “Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tenteng Aku, sesungguhnya Aku dekat …… (Q.S. al-Baqarah: 186)

b. Pertanyaan orang-orang yang ingkar kepada da’wah Rasulullah saw. misalnya: “Berkatalah orang-orang yang kafir: “Mengapa al-Qur’an itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?” Demikianlah, supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami (menurunkannya) dan membacakannya kelompok demi kelompok. (Q.S. al-Furqan: 32)

DOWNLOAD

BAHASA INDONESIA
UNDUH surat ke 1-15

mirror LINK
surat ke 1-3

surat ke 4-8

surat ke 9-15

Juz ke 30



BAHASA ARAB LENGKAP 30 juz
UNDUH PDF

UNDUH DJVU

Terkait Khusus

Ebook Qur'an 4210753518697681066

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item