Islam Kristen dan Yahudi - Mana yang Lebih Berhak Sebagai Anak-Anak Abraham?

BAGIKAN:

anak-anak abraham | umat yang mengikuti pengajaran nabi


SIAPAKAH YANG PALING BERHAK DISEBUT SEBAGAI "ANAK-ANAK ABRAHAM" ? YAHUDI , KRISTEN ATAUKAH ISLAM ?

=====

YOHANES PEMBABTIS BERKATA, YAHUDI TIDAK PANTAS DISEBUT SEBAGAI ANAK-ANAK ABRAHAM

YAHUDI DATANG KEPADA YOHANES SANG PEMBABTIS UNTUK DIBAPTISKAN, TETAPI KATA YOHANES MEREKA HANYALAH ORANG-ORANG YANG JAHAT.

MEREKA MENGAKU KETURUNAN DAN ANAK-ANAK ABRAHAM, TETAPI DIBANTAH OLEH YOHANES.

KATA YOHANES "BAHKAN ALLAH DAPAT MEMBUAT KETURUNAN UNTUK ABRAHAM DARI BATU-BATU".

ARTINYA BAHWA ORANG-ORANG DAN UMAT YANG MENGIKUTI PENGAJARAN NABI ABRAHIM AS LAH YANG BERHAK MENGATAKAN DIRINYA SEBAGAI KETURUNAN DAN ANAK-ANAK ABRAHAM, ITULAH "UMAT ISLAM"

Lukas 3 TB

7* Lalu ia berkata kepada orang banyak yang datang kepadanya untuk dibaptis, katanya: “Hai kamu keturunan ular beludak! Siapakah yang mengatakan kepada kamu melarikan diri dari murka yang akan datang?

8 Jadi hasilkanlah buah-buah yang sesuai dengan pertobatan. Dan janganlah berpikir dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!

=====

YESUS PUN BERKATA, YAHUDI TIDAK PANTAS DISEBUT SEBAGAI ANAK-ANAK ABRAHAM

KATA YESUS YAHUDI PUN TIDAK BERHAK MENYEBUT DIRINYA SEBAGAI ANAK-ANAK ABRAHAM, KARENA MEREKA TIDAK MENGAKUHI KENABIAN NYA, BAHKAN SELALU BERUSAHA MEMBUNUHNYA, WALAPUN BAIK YAHUDI MAUPUN KRISTEN MERASA PEMBUNUHAN TERSEBUT TELAH BERHASIL PADAHAL TIDAK.

DENGAN PERBEDAAN CARA PANDANG, YAHUDI MERASA TELAH BERHASIL MEMBUNUH ANAK HARAM DAN PENGHUJAT TUHAN, SEMENTARA KRISTEN MERASA MEREKA TELAH BERHASIL MEMBUNUH "TUHAN".

Yohanes 8

(37) "Aku tahu, bahwa kamu adalah keturunan Abraham, tetapi kamu berusaha untuk membunuh Aku karena firman-Ku tidak beroleh tempat di dalam kamu.

(38) Apa yang Kulihat pada Bapa, itulah yang Kukatakan, dan demikian juga kamu perbuat tentang apa yang kamu dengar dari bapamu."

(39) Jawab mereka kepada-Nya: "Bapa kami ialah Abraham." Kata Yesus kepada mereka: "Jikalau sekiranya kamu anak-anak Abraham, tentulah kamu mengerjakan pekerjaan yang dikerjakan oleh Abraham.

(40) Tetapi yang kamu kerjakan ialah berusaha membunuh Aku; Aku, seorang yang mengatakan kebenaran kepadamu, yaitu kebenaran yang Kudengar dari Allah; pekerjaan yang demikian tidak dikerjakan oleh Abraham.

=====

YESUS BERKATA, BAHWA ORANG-ORANG YANG PALING DEKAT DENGAN ABRAHAM TERSEBUT KELAK AKAN DATANG DARI TIMUR DAN BARAT, DAN KELAK MEREKA AKAN MAKAN DAN MINUM BERSAMA ABRAHAM DI DALAM KERAJAAN SURGA

Kata Yesus selanjutnya, kelak bahkan Abraham dan Ishak dan yakub dan semua para Nabi, beserta banyak orang yan datang dari timur dan barat, makan bersama di dalam Kerajaan Allah. Sementara orang-orang yang memanggil Yesus dengan sebutan "Tuhan-tuhan" bahkan dilemparkan ke dalam Neraka.

Lukas 13 TB

23* ¶ Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: “Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?”

24* Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: “Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat.

25* Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang.

26 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami.

27 Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan!

28* Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar.

29* Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah.

=====

YESUS PUN JUGA BERKATA, BAHWA KELAK AKAN ADA UMAT YANG TERAKHIR TETAPI AKAN MENJADI ORANG YANG TERDAHULU. DAN UMAT YANG TERDAHULU AKAN MENJADI UMAT YANG TERAKHIR.

Lukas 13 TB

30* Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir.”

=====

HAL YANG TERAKHIR INI BAHKAN DI PERKUAT DENGAN HADIS NABI MUHAMMAD SAW, BAHWA UMAT ISLAM ADALAH UMAT YANG TERAKHIR, TETAPI KELAK AKAN MENJADI ORANG-ORANG YANG TERDAHULU
صحيح مسلم ١٤١٥: و حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ وَوَاصِلُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ أَبِي حَازِمٍ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ وَعَنْ رِبْعِيِّ بْنِ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَا
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَضَلَّ اللَّهُ عَنْ الْجُمُعَةِ مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَكَانَ لِلْيَهُودِ يَوْمُ السَّبْتِ وَكَانَ لِلنَّصَارَى يَوْمُ الْأَحَدِ فَجَاءَ اللَّهُ بِنَا فَهَدَانَا اللَّهُ لِيَوْمِ الْجُمُعَةِ فَجَعَلَ الْجُمُعَةَ وَالسَّبْتَ وَالْأَحَدَ وَكَذَلِكَ هُمْ تَبَعٌ لَنَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ نَحْنُ الْآخِرُونَ مِنْ أَهْلِ الدُّنْيَا وَالْأَوَّلُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ الْمَقْضِيُّ لَهُمْ قَبْلَ الْخَلَائِقِ
وَفِي رِوَايَةِ وَاصِلٍ الْمَقْضِيُّ بَيْنَهُمْ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ أَخْبَرَنَا ابْنُ أَبِي زَائِدَةَ عَنْ سَعْدِ بْنِ طَارِقٍ حَدَّثَنِي رِبْعِيُّ بْنُ حِرَاشٍ عَنْ حُذَيْفَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هُدِينَا إِلَى الْجُمُعَةِ وَأَضَلَّ اللَّهُ عَنْهَا مَنْ كَانَ قَبْلَنَا فَذَكَرَ بِمَعْنَى حَدِيثِ ابْنِ فُضَيْلٍ

Shahih Muslim 1415:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Allah menyesatkan orang-orang yang sebelum kita tentang hari Jumat. Bagi orang Yahudi jatuhnya pada hari Sabtu, dan bagi orang Nasrani jatuhnya pada hari Ahad. Lalu Allah menunjuki kita yaitu pada hari Jum'at. Karena itu, terjadilah berturut-turut tiga hari berkumpul (hari besar), yaitu Jum'at, Sabtu dan Ahad. Hari kiamat kelak, mereka pun mengikuti kita juga, kita yang terakhir ke dunia, tetapi kitalah yang lebih dahulu diadili sebelum umat-umat yang lain." …dst


Itulah umat Islam, Umat Nabi Muhammad saw, yang datang jauh dari timur dan Barat, tetapi teguh mengikuti ajaran Abraham, mengikuti perjanjian Abraham dengan Tuhan. Bahkan yang selalu membaca Pujian dan Doa Sholawat bagi Abraham disetiap akhir Shalatnya. Itulah arti dari perkataan Yohanes, bahwa Allah dapat menjadikan Keturunan Abraham dari batu-batu.

=====

UMAT YANG PALING DEKAT KEPADA IBRAHIM IALAH ORANG-ORANG YANG MENGIKUTINYA (UMAT NABI IBRAHIM AS), DAN NABI INI (NABI MUHAMMAD SAW) BESERTA ORANG-ORANG YANG BERIMAN KEPADA NABI MUHAMMAD SAW (UMAT ISLAM)

QS 3:68
إِنَّ أَوْلَى النَّاسِ بِإِبْرَاهِيمَ لَلَّذِينَ اتَّبَعُوهُ وَهَٰذَا النَّبِيُّ وَالَّذِينَ آمَنُوا ۗ وَاللَّهُ وَلِيُّ الْمُؤْمِنِينَ [٣:٦٨]
Sesungguhnya orang yang paling dekat kepada Ibrahim ialah orang-orang yang mengikutinya dan Nabi ini (Muhammad), beserta orang-orang yang beriman (kepada Muhammad), dan Allah adalah Pelindung semua orang-orang yang beriman.
﴿٦٨﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

=====

UMAT ISLAM YANG MENGIKUTI AJARAN NABI MUHAMMAD SAW

ADALAH UMAT YANG MENGIKUTI PENGAJARAN NABI ABRAHIM AS LAH YANG BERHAK MENGATAKAN DIRINYA SEBAGAI KETURUNAN DAN ANAK-ANAK ABRAHAM

QS 16:123

ثُمَّ أَوْحَيْنَا إِلَيْكَ أَنِ اتَّبِعْ مِلَّةَ إِبْرَاهِيمَ حَنِيفًا ۖ وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِينَ [١٦:١٢٣]
Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.
﴿١٢٣﴾


Itulah umat Islam, Umat Nabi Muhammad saw, yang datang jauh dari timur dan Barat, tetapi teguh mengikuti ajaran Abraham, mengikuti perjanjian Abraham dengan Tuhan. Bahkan yang selalu membaca Pujian dan Doa Sholawat bagi Abraham disetiap akhir Shalatnya. Itulah arti dari perkataan Yohanes, bahwa Allah dapat menjadikan Keturunan Abraham dari batu-batu.

=====

COBA KITA SIMAK PUJIAN DAN DOA SHALAWAT BAGI ABARAHAM YANG SELALU DIUCAPKAN OLEH UMAT ISLAM DISETIAP MEREKA SHALAT, BERDAMPINGAN DENGAN DENGAN SHALAWAT BAGI NABI MUHAMMAD SAW, SEBAGAI RASA HORMAT, PUJIAN DAN DOA BAGI KESEJAHTERAAN MEREKA YANG TELAH BEGITU BERJASA MEMBEBASKAN MANUSIA DARI KEKAFIRAN.
سنن ابن ماجه ٨٩٤: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ح و حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ وَمُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ قَالَا حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ الْحَكَمِ قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ أَبِي لَيْلَى قَالَ
لَقِيَنِي كَعْبُ بْنُ عُجْرَةَ فَقَالَ أَلَا أُهْدِي لَكَ هَدِيَّةً خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْنَا قَدْ عَرَفْنَا السَّلَامَ عَلَيْكَ فَكَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْكَ قَالَ قُولُوا اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ اللَّهُمَّ بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Sunan Ibnu Majah 894:
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam keluar menemui kami, lalu kami bertanya, "Kami telah mengetahui bagaimana salam kepadamu, lalu bagaimana cara shalawat kepadamu?" beliau menjawab: "Ucapkanlah; ALLAHUMMA SHALLI 'ALA MUHAMMADIN WA 'ALA ALI MUHAMMADIN KAMAA SHLLAITA 'ALA IBRAHIM INNAKA HAMIDUN MAJIIDUN. ALLAHUMMA BAARIK 'ALA MUHAMMADIN WA 'ALA ALI MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA 'ALA IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

(Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung). "

=====

ITULAH ANUGERAH ALLAH BAGI NABI IBRAHIM AS

BAHWA NABI IBRAHIM AKAN MENJADI "BUAH TUTUR DAN NAMA YANG BAIK" BAGI MANUSIA, SELAMA-LAMANYA. SEBAGAI JAWABAN ATAS DOA NABI IBRAHIM AS KEPADA NYA.

"DARI BIBIR-BIBIR UMAT ISLAM"

QS 26:84

رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ [٢٦:٨٣]
(Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,
﴿٨٣﴾

وَاجْعَل لِّي لِسَانَ صِدْقٍ فِي الْآخِرِينَ [٢٦:٨٤]
dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian,
﴿٨٤﴾

وَاجْعَلْنِي مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ النَّعِيمِ [٢٦:٨٥]
dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan,
﴿٨٥﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

=====

LALU KRISTEN ?
SUNGGUH TIDAK LAH PANTAS MENJADI ANAK-ANAK ABRAHAM

WAHAI ORANG-ORANG YANG TIDAK MENGIKUTI PENGAJARAN NABI, KARENA KALIAN BERTAHAN UNTUK TIDAK MENGIKUTI PENGAJARANNYA.

KALIAN BAHKAN SERINGKALI MENGHINAKAN ISTRI ABRAHAM, HAJAR.

KALIAN JUGA MENGHINAKAN ANAK SULUNG ABRAHAM, ISMAIL AS ?

BAHKAN KALIAN MENGIKUTI PAULUS TIDAK MAU DI SUNAT ?

Apa yang kalian katakan dan pikirkan, ketika nama Abraham terdengar disebutkan melalui telinga kalian. Bahkan kalian lalu dengan tega menghinakannya, menghinakan salah satu anak keurunannya Ismail as, sebagai anak dari hubungan gelap dengan Ibunya yang bekas sorang budak ?

Bahkan diantara kalian ada yang tega dan begitu keji, lalu mengatakan "Abraham telah berzina dengan budak nya". Dan Ismail as, anak mereka hanyalah ibarat "Keledai Liar" ?.

Kalian lah benar-benar umat yang sangat tersesat, bahkan kalian menghinakan Bapak para nabi, yang paling dikasihi oleh Allah, diantara semua manusia yang pernah dilahirkan di dunia ini ?

Sadarlah….

=====

WAHAI UMAT YANG TIDAK MENGIKUTI PENGAJARAN NABI, BILA KALIAN JELI MEMBACA URAIAN DIATAS, MAKA KALIAN PUN AKAN TAHU, MENGAPA KAMI DISUNAT ?

KARENA KAMILAH UMAT ISLAM YANG PALING BERHAK DISEBUT "ANAK-ANAK ABRAHAM"

ALLAHUMMA SHALLI 'ALA MUHAMMADIN WA 'ALA ALI MUHAMMADIN KAMAA SHLLAITA 'ALA IBRAHIM INNAKA HAMIDUN MAJIIDUN. ALLAHUMMA BAARIK 'ALA MUHAMMADIN WA 'ALA ALI MUHAMMADIN KAMAA BAARAKTA 'ALA IBRAHIM INNAKA HAMIIDUN MAJIIDUN

(Ya Allah, berilah shalawat kepada Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberi shalawat kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung. Ya Allah, berkahilah Muhammad dan keluarganya sebagaimana Engkau memberkahi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung). "

KOMENTAR

BLOGGER
islamic'
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,18,Akhir Zaman Ebook,35,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,9,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,4,apk salat,3,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,10,Audio,13,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,4,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,27,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,4,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,26,Download Ebook Kristologi,18,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,6,Ebook Keluarga,3,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,1,Ekonomi Islam,25,Freemasonry,22,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Gusdur,3,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,17,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,10,Komunis,2,Konspirasi Amerika,18,konspirasi zionis,62,Kristologi,54,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,27,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,18,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,13,Permasalahan Islami,19,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,39,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,56,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Best Book,1,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,6,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,9,video sosial eksperimen,4,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,15,
ltr
item
love is rasa: Islam Kristen dan Yahudi - Mana yang Lebih Berhak Sebagai Anak-Anak Abraham?
Islam Kristen dan Yahudi - Mana yang Lebih Berhak Sebagai Anak-Anak Abraham?
anak-anak abraham | umat yang mengikuti pengajaran nabi
http://3.bp.blogspot.com/-UMDXPeH3cgo/VdjhPFKbQTI/AAAAAAAACPc/zHP5HY912wY/s1600/abraham2.jpg
http://3.bp.blogspot.com/-UMDXPeH3cgo/VdjhPFKbQTI/AAAAAAAACPc/zHP5HY912wY/s72-c/abraham2.jpg
love is rasa
http://love-is-rasa.blogspot.com/2015/08/yang-berhak-disebut-anak-anak-abraham.html
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/2015/08/yang-berhak-disebut-anak-anak-abraham.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Load Semua Postingan Tidak ditemukan postingan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua REKOMENDASI UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan entri sesuai dengan permintaan anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI TERKUNCI PREMIUM Silahkan bagikan untuk mengakses konten Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin