Rekayasa Pengusiran Hagar/Hajar dan Umur Ismail dalam Bibel Taurat Bagian 1

BAGIKAN:

Rekayasa Pengusiran Hagar/Hajar dan Umur Ismail dalam Bibel Taurat Bagian 1 | pengusiran Hagar dan Ismail | kisah ismail | kisah penggendongan dan pembayian Ismail oleh Hagar

Kalo kita cermati baik-baik, kisah "pengusiran Hagar dan Ismail" yang diceritakan pada Kejadian 21:14-21 dan ditempatkan setelah Ishak disapih, sudah bisa dipastikan secara jelas maksud dan tujuan pengubahannya. Bahwa editor Taurat sangat berambisi mengubah dan mengisahkan peristiwa pengorbanan Abraham dengan menyembelih Ishak dan menyebutnya sebagai anak tunggal Abraham, padahal sesungguhnya anak tunggal yang akan disembelih ketika itu bukanlah Ishak, tetapi anak Abraham yang lain (Ismail).

Bagaimana cara mengubahnya? Tentunya cara yang paling sesuai adalah dengan menempatkan kisah "pengusiran Hagar dan Ismail" setelah Ishak disapih, agar bisa nyambung dengan kisah pengorbanan Abraham (penyembelihan Ishak) yang akan diceritakan (direkayasa) berikutnya pada Kejadian 22:1-19.

Jika kisah "pengusiran Hagar dan Ismail" diletakkan setelah Ismail lahir (Kejadian 16:16), maka editor Taurat akan kesulitan menempatkan kisah penyembelihan Ishak dengan menyebutnya sebagai anak tunggal yang dikasihi Abraham, karena firman Tuhan kepada Abraham yang bernada rasis yaitu "sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak" (Kejadian 21:12) tidak mungkin dikarang dan ditempatkan pada kisah "pengusiran Hagar dan Ismail" di situ mengingat Ishak belum lahir.

Namun demikian, sebagai akibat dari penempatan kisah "pengusiran Hagar dan Ismail" setelah Ishak disapih, maka kisah ini menjadi aneh dan mustahil, karena usia Ismail yang sebenarnya masih bayi ketika digendong Hagar, berubah menjadi anak remaja 16 tahun tetapi harus ditaruh di atas bahu Hagar selama perjalanan mengembara di gurun Bersyeba, layaknya anak yang masih bayi dan belum bisa berjalan.


Penempatan kisah penggendongan dan pembayian Ismail oleh Hagar setelah Ishak disapih, sebagaimana diceritakan dalam Kitab Kejadian 21:8-21, menjadikan kisah tersebut sebagai cerita Bibel yang mustahil, hal ini oleh karena hal-hal sebagai berikut:
1. Kisah tersebut ditempatkan setelah Ishak disapih, persisnya terjadi setelah Ishak kedapatan oleh Sara sedang bermain dengan Ismail, yang berarti usia Ismail ketika itu tidak kurang dari 16 tahun, tetapi Ismail harus digendong/ditaruh di atas bahu Hagar selama perjalanan kaki mengembara di padang gurun Bersyeba dan diperlakukan seperti bayi yang belum bisa berjalan. (Baca Kejadian 21:8-10; 14-21)

2. Tuhan berjanji kepada Hagar ketika sedang mengandung bayi Ismail bahwa Dia akan membuat sangat banyak keturunannya, sehingga tidak dapat dihitung karena banyaknya, dan Tuhan juga berjanji bahwa anak yang akan dilahirkan Hagar memiliki perilaku seperti keledai liar, tangannya akan melawan tiap-tiap orang dan tangan tiap-tiap orang akan melawan dia, dan di tempat kediamannya ia akan menentang semua saudaranya. Ini berarti Ismail akan menjadi seorang yang gagah perkasa. (Baca Kejadian 16:10-12)

3. Ketika berusia 13 tahun, Ismail dipanggil Abraham untuk disunat, artinya di usia 13 tahun Ismail sudah bisa berjalan dan terbiasa berkomunikasi dengan bapaknya. (Baca Kejadian 17:23-26)

4. Ketika sudah besar, Ismail berprofesi sebagai seorang pemanah. (Baca Kejadian 21:20)

5. Ismail menikahi seorang perempuan Mesir. (Baca Kejadian 21:21)

6. Ismail bersama-sama dengan Ishak menguburkan Abraham. (Baca Kejadian 25:9)

7. Ismail memiliki 12 orang anak yang semuanya menjadi raja. (Baca Kejadian 25:16)

8. Usia Ismail mencapai 137 tahun, lebih tua dari umur Sara, Yusuf, dan Musa yang masing-masing hanya sampai 127 tahun, 110 tahun, dan 120 tahun. (Baca Kejadian 23:1-2; 25:17; 50:26; Ulangan 34:7)

9. Tidak ada bukti, dalil, riwayat, keterangan, atau referensi apapun yang menyatakan atau setidaknya mengindikasikan bahwa Ismail menderita kelainan fisik dan/atau mental dan/atau penyakit apapun yang sangat parah sehingga di usianya yang sudah mencapai 16 tahun atau lebih harus digendong-gendong Hagar seperti bayi yang masih menyusui.

Berdasarkan fakta-fakta di atas, dengan pemahaman serta penalaran yang komprehensif, logis, dan integral, dapatlah disimpulkan bahwa Ismail adalah seorang yang terlahir normal hingga akhir hayatnya, sehingga kisah penggendongan dan pembayiannya oleh Hagar di usianya 16 tahun atau lebih merupakan cerita mustahil dalam Bibel, khususnya Kitab Kejadian.

Kisah tersebut lebih tepat atau seharusnya ditempatkan setelah peristiwa kelahiran Ismail, yaitu setelah Kejadian 16:16.

Sebagai perbandingan saja, silahkan simak baik-baik catatan Kitab Kejadian tentang usia kakek moyang Abraham ketika mulai memperanakkan berikut ini:

11:12 Setelah Arpakhsad hidup 35 tahun, ia memperanakkan Selah.
11:14 Setelah Selah hidup 30 tahun, ia memperanakkan Eber.
11:16 Setelah Eber hidup 34 tahun, ia memperanakkan Peleg.
11:18 Setelah Peleg hidup 30 tahun, ia memperanakkan Rehu.
11:20 Setelah Rehu hidup 32 tahun, ia memperanakkan Serug.
11:22 Setelah Serug hidup 30 tahun, ia memperanakkan Nahor.
11:24 Setelah Nahor hidup 29 tahun, ia memperanakkan Terah.

Selanjutnya Terah memperanakkan Abraham dan kemudian Abraham memperanakkan Ismail. Berdasarkan catatan Kitab Kejadian di atas, kakek moyang Abraham rata-rata mulai memperanakkan pada usia 30 tahunan. Ini berarti Ismail ketika berumur 16 tahun itu sudah sangat besar, sudah bisa berlari-lari dan membantu/menolong ibunya. Karenanya tidak mungkin anak usia 16 tahun ditaruh di atas bahu ibunya selama perjalanan kaki ratusan kilometer mengarungi gurun Bersyeba menuju gurun Paran.

Allah berfirman tentang kebiasaan buruk orang-orang Israel yang suka merobah-robah firman Allah:

(Tetapi) karena mereka (Bani Israel) melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya, dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. (QS. Almaidah : 13)


CATATAN:

Mengingat seringnya orang-orang Kristen memutar-mutar lidahnya untuk mencari-cari alasan pembenaran dengan mengatakan bahwa Ismail tidak ditaruh di atas bahu Hagar, maka di bawah ini dikutipkan beberapa terjemahan Genesis/Kejadian 21:14 dari berbagai versi, dimulai dari Septuaginta (Perjanjian Lama berbahasa Yunani abad ke-3 SM):


GREEK SEPTUAGINT BIBLE (abad ke-3 SM):
ἀνέστη δὲ Αβρααμ τὸ πρωῒ καὶ ἔλαβεν ἄρτους καὶ ἀσκὸν ὕδατος καὶ ἔδωκεν Αγαρ καὶ ἐπέθηκεν ἐπὶ τὸν ὦμον καὶ τὸ παιδίον καὶ ἀπέστειλεν αὐτήν. ἀπελθοῦσα δὲ ἐπλανᾶτο τὴν ἔρημον κατὰ τὸ φρέαρ τοῦ ὅρκου.

ENGLISH TRANSLATION OF THE GREEK SEPTUAGINT BIBLE (tahun 1851):
And Abraam rose up in the morning and took loaves and a skin of water, and gave them to Agar, and he put the child on her shoulder, and sent her away, and she having departed wandered in the wilderness near the well of the oath.

KING JAMES VERSION (tahun 1611):
And Abraham rose up early in the morning, and took bread, and a bottle of water, and gave it unto Hagar,putting it on her shoulder, and the child, and sent her away: and she departed, and wandered in the wilderness of Beersheba.

NEW AMERICAN BIBLE (tahun 2002):
Early the next morning Abraham got some bread and a skin of water and gave them to Hagar. Then,placing the child on her back, he sent her away. As she roamed aimlessly in the wilderness of Beer-sheba,

ALKITAB TERJEMAHAN BARU (tahun 1974):
Keesokan harinya pagi-pagi Abraham mengambil roti serta sekirbat air dan memberikannya kepada Hagar. Ia meletakkan itu beserta anaknya di atas bahu Hagar, kemudian disuruhnyalah perempuan itu pergi. Maka pergilah Hagar dan mengembara di padang gurun Bersyeba.

KOMENTAR

BLOGGER
islamic'
Nama

aagym,19,Aagym Audio,8,Abdur Raheem Green,2,Akhir Zaman,18,Akhir Zaman Ebook,35,Akhlaqul Karimah,16,Al Masih,9,apk bahasa,1,apk doa,2,apk Quran,4,apk salat,3,apk umum islam,1,Aplikasi Islami,26,aplikasi total android,10,Audio,13,Bang Imad,4,Bani Jawi dan Melayu,4,BELA DIRI,1,Belajar Bahasa Arab,2,Berita dan Kasus,27,Berita Islami,18,Bola,3,Buku Imran Hosein,4,Catatan Sang Pujangga Sesi 1,4,Dajjal,10,Doa dan Ruqyah Audio,1,Download Ebook Islami,26,Download Ebook Kristologi,18,Download Ebook Umum,4,Ebook Detektif,1,Ebook Doa,5,Ebook Fiqih,20,Ebook Hadits,18,Ebook Hubungan,6,Ebook Keluarga,3,Ebook Quran,20,Ebook Sejarah,22,Ebook Tajwid,1,Ekonomi Islam,25,Freemasonry,22,Gaib dan Non Dunia,43,Gaib dan Non Dunia Video,6,Gog and Magog,1,Gusdur,3,Hassan Al Banna,1,Hj. Irene Handono,1,Ibadah Sehari-hari,1,Ideologi,2,Imran Hosein,17,islam,1,Islam dan Hindu,2,Keajaiban Islam,15,Keluarga Bahagia,3,Keluarga Ibrahim,10,Kisah-Kisah Motivasi,10,Komunis,2,Konspirasi Amerika,18,konspirasi zionis,62,Kristologi,54,KUNGFU,1,Liberalis,1,Lintas Agama,27,Love Islam,39,Love Kesehatan,6,Love Menulis,5,Love Musik,1,Love ng-BLog,3,Love Nonton Bareng,10,Masalah Syi'ah,2,Masuk Islam,18,Minerva,4,Nubuat Muhammad,3,Office,1,Pancasila,1,Pengendalian Pikiran,13,Permasalahan Islami,19,Pernikahan,1,Politik,29,Protokol Zionisme,11,Puasa,3,Realita Akhir Zaman,39,Romansa dan Cinta,14,Science and Signs,1,Sejarah dan Biografi Islam,56,Setanisme,1,Sihir,13,Software Belajar Bahasa Inggris,3,Software dan Aplikasi,10,Sofware dan Download,9,Sundaland dan Atlantis,6,Takbiran Audio,3,The Best Book,1,The Truth Of Islam,29,Tilawah Quran,1,Video Akhir Zaman,14,Video Dokumenter,6,Video Imran Hosein,12,Video Masuk Islam,9,video sosial eksperimen,4,Video Zakir Naik,11,Wakeup Project,8,Yesus dan Isa,1,Yusuf Estes,3,Zakir Naik,15,
ltr
item
love is rasa: Rekayasa Pengusiran Hagar/Hajar dan Umur Ismail dalam Bibel Taurat Bagian 1
Rekayasa Pengusiran Hagar/Hajar dan Umur Ismail dalam Bibel Taurat Bagian 1
Rekayasa Pengusiran Hagar/Hajar dan Umur Ismail dalam Bibel Taurat Bagian 1 | pengusiran Hagar dan Ismail | kisah ismail | kisah penggendongan dan pembayian Ismail oleh Hagar
http://4.bp.blogspot.com/-zLVrPn90er8/Vd4-PMG7gTI/AAAAAAAACQ4/C7SqvFA1LIQ/s320/ismael.jpg
http://4.bp.blogspot.com/-zLVrPn90er8/Vd4-PMG7gTI/AAAAAAAACQ4/C7SqvFA1LIQ/s72-c/ismael.jpg
love is rasa
http://love-is-rasa.blogspot.com/2015/08/rekayasa-pengusiran-siti-hajar-dan-umur-ismail-1.html
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/
http://love-is-rasa.blogspot.com/2015/08/rekayasa-pengusiran-siti-hajar-dan-umur-ismail-1.html
true
2777010531160768459
UTF-8
Load Semua Postingan Tidak ditemukan postingan LIHAT SEMUA Baca Selengkapnya Balas Batalkan balasan Hapus Oleh Beranda HALAMAN POSTINGAN Lihat Semua REKOMENDASI UNTUKMU LABEL ARCHIVE SEARCH SEMUA POSTINGAN Tidak ditemukan entri sesuai dengan permintaan anda Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Augustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu lalu Pengikut Ikuti KONTEN INI TERKUNCI PREMIUM Silahkan bagikan untuk mengakses konten Salin Semua Kode Pilih Semua Kode Semua kode telah disalin ke clipboard Tidak dapat menyalin kode / teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin