Makanan dan Cara Kerja Antioksidan


Tahukah kamu, salah satu cara untuk menjaga kekebalan tubuh kita agar tetap kuat sehingga tidak mudah sakit adalah dg mengkonsumsi banyak buah dan sayuran segar? Kini, kamu cukup pergi ke pasar, toko buah atau supermarket untuk mendapatkan buah dan sayur segar setiap harinya. Para ahli pun mengungkapkan bahwa asupan makanan yg kaya akan buah dan sayuran setiap harinya dapat mencegah kita terkena flu, ataupun batuk pilek. Hal ini disebabkan karean makanan 'super' tersebut kaya akan antioksidan yg dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Apa sih antioksidan itu?

Yg termasuk antioksidan adalah : vitamin, mineral, dan nutrisi lainnya yg dapat melindungi dan memperbaiki sel tubuh yg rusak akibat radikal bebas. Banyak ahli menyatakan bahwa kerusakan sel dapat mengakibatkan penyakit yg kronis nantinya seperti kanker, gangguan pembuluh darah, ataupun radang sendi. Radikal bebas jg bisa mengganggu sistem pertahanan tubuh kita melawan penyakit. Oleh karena itu, kita memerlukan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubh kita agar tetap kuat sehingga bisa melawan virus flu dan penyakit infeksi kuman lainnya.

Darimana bisa mendapatkan antioksidan?

Hanya dengan menambahkan porsi buah dan sayuran dalam menu makan kita sehari-hari dapat meningkatkan kesehatan kita. Namun ada beberapa makanan 'super' yg kandungan antioksidannya lebih tinggi daripada makanan lainnya. Ada 3 antioksidan utama yaitu betakaroten, vitamin C dan vitamin E. Semuanya bisa kita dapatkan dalam buah dan sayur yg berwarna ungu, biru,merah, orange dan kuning. Untuk mendapatkan kandungan antioksidan maksimal sebaiknya sayur dan buah dimakan segar/mentah atau jika ingin memasaknya, cukup dikukus sebentar saja, agar kandungan vitaminnya tidak berkurang.

Betakaroten terdapat banyak pada buah aprikot, sayur asparagus, buah bit, brokoli, cantaloupe, wortel, jagung, parika hijau, mangga, sayuran hijau, buah peach, jeruk keprok, anggur merah, labu kuning, bayam, kentang, blewah, tomat dan semangka.

Sedangkan vitamin C banyak terdapat pada buah2 berri, blewah, brokoli, kubis, kembang kol, anggur, melon, kiwi, mangga, jeruk, pepaya, paprika merah,kuning atau hijau, kacang polong, kentang, strawberi, dan tomat

Vitamin E banyak terkandung dalam brokoli, wortel. Mustard, mangga, kacang2an, pepaya, labu kuning, paprika merah, lobak hijau, bayam dan biji bunga matahari

Makanan super lainnya yg kaya antioksidan adalah apel, kismis, berbagai jenis berri, plum, anggur merah, tanaman alfalfa, bawang bombai, terong, sayur kacang2an.

Vitamin bukanlah satu2nya sumber antioksidan yg bisa kita peroleh dari makanan, tapi mineral seperti zinc dan selenium sangatlah baik untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

Zinc banyak terkandung dalam tiram, daging merah, daging unggas, kacang2an, sayur kacang2an, makanan laut, gandum, sereal, dan prosuk susu lainnya

Sedangkan selenium banyak terdapat dalam kacang brazil, tuna, daging sapi, daging ayam/bebek, roti yg sdh difortifikasi 9ditambahan kandungan mineral didlmnya) serta produk makanan yg terbuat dari gandum lainnya.

Seberapa banyak sih tubuh memerlukan antioksidan setiap harinya? Agar imunitas/daya tahan tubuh terjaga dg baik, makanan yg perlu dimakan diukur dalam ketentuan kebutuhan hariannya. Para ahli gizi telah menentukan kadar asupan gizi yg dianjurkan sehari-hari pada masing-masing nutrisi. Khusus untuk antioksidan berikut adalah angka kecukukan gizi harian masing-masingnya :

Zinc : untuk laki-laki 11 mg, untuk wanita 8 mg. Jika kamu seorang vegetarian, kamu membutuhkan zinc 50% lebih banyak daripada yg buka vegetarian. Sebab dg konsumsi sayuran saja, penyerapan zinc dalam tubuh kurang.

Selenium : 55mikrogram baik untuk pria atau wanita

Betakaroten : Sebenarnya tdk ada batasan untuk asupannya setiap hari,namun pada penelitian dinyatakan bahwa dg makan 3-6 miligram sehari saja, sdh cukup untuk menurunkan resiko penyakit kronis

Vitamin C : 90 mg untuk pria dan 75 mg untuk wanita. Perokok aktif/pasif membutuhkan vitamin C lebih bayak : 125mg untuk pria, 110mg untuk wanita

Vitamin E : 15 mg untuk pria ataupun wanita

Bagaimana cara kerja makanan tersebut dalam meningkatkan daya tahan tubuh ?

Berbagai produk vitamin dan suplemen beredar dipasaran, namun apakah itu mencukupi kebutuhan tubuh sehari-hari? Buah dan sayuran segar mengandung vitamin dan nutrien yg kaya dan beragam sedangkan jika kamu hanya mengandalkan vitamin/suplemen saja,maka kamu mungkin akan kekurangan zat gizi yg diperlukan karena zat tsb tidak terdapat lengkap semua dlm vitamin/suplemen. Sebaliknya pada buah dan sayuran segar, kandungannya bervariasi dan lebih lengkap. Variasi tersebutlah yg bekerjasama untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Para ahli telah meneliti lebih dalam kandungan zat aktif yg terdapat pada antioksidan sayur dan buah yakni :

Quarcetin : merupakan zat aktif dari tumbuhan yg berfungsi sebagai antioksidan, banyak terdapat dalam apel, bawang merah/bombai, minuman anggur merah serta makanan2 lainnya. Efek antioksidannya dpt mengurangi reaksi alergi

Luteolin : golongan flavonoid, yg terkandung dlm seledri, paprika hijau, mengurangi peradangan, bahkan bs mengobati alzheimer/penyakit pikun

Catechins: juga merupakan golongan flavonoid yg banyak terdapat dlm teh yg dapat mengurangi resiko penyakit jantung,kanker dan alzheimer/pikun.

Apabila kamu merasa asupan makanan kamu kurang mencukupi kebutuhan antioksidan tsb,maka dokter akan menyarankan untuk mengkonsumsi muntivitamin atau suplemen yg mengandung mineral. Namun perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi vitamin terutama vitamin A dan E, karena tubuh cenderung menyimpannya lebih banyak dari pada membuangnya,maka jika mengkonsumsinya berlebihan bisa berakibat overdosis/toksik.

Terkait Khusus

Love Kesehatan 2175299774537324734

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item