Nama Samaran

What is a name? Apalah arti sebuah nama? Ungkapan dari Shakespeare ini boleh dibilang sangat lekat kaitannya dengan dunia tulis menulis. ...

What is a name? Apalah arti sebuah nama? Ungkapan dari Shakespeare ini boleh dibilang sangat lekat kaitannya dengan dunia tulis menulis. Nama digunakan sebagai pengenal, siapa penulis suatu naskah. Namun ada banyak pengarang yang menggunakan nama samaran atau alias dalam menerbitkan karyanya. Tulisan ini akan membahas alasan mengapa mereka menggunakan nama samaran, dan juga apa untung dan ruginya menggunakan nama samaran.
Ada banyak alasan mengapa seseorang menggunakan nama samaran, mulai dari privasi sampai hanya suatu ide yang muncul begitu saja. Ada juga orang yang menggunakan nama samaran supaya tulisannya dnikmati orang secara obyektif, tidak bergantung pada nama si penulisnya. Pada zaman perjuangan dan penjajahan, nama samaran digunakan untuk melindungi jiwa dari ancaman pihak yang berkuasa. Alasan lain adalah gengsi sehingga menggunakan nama yang lebih mentereng dari nama aslinya. Ada juga menggunakan nama samaran yang lebih mudah dieja diucapkan dan diingat dibanding nama aslinya. Yang lebih sederhana, beberapa orang memilih menggunakan nama yang pokoknya lucu atau aneh.
Apabila Anda tidak berkeberatan karya Anda tidak diketahui siapa penulis yang berada dibelakangnya, maka Anda bisa menggunakan nama samaran. Penggunaan nama samaran yang tepat juga bisamenghasilkan berbagai keuntungan.
Anda bisa menggunakan nama yang berbeda bila Anda menulis dalam genre yang berbeda. Mungkin orang akan sulit membayangkan bagaimana hasil karya novel tentang pembunuhan dari seorang penulis yang sebelumnya menulis dongeng anak-anak.
Anda juga bisa mengunakan nama yang ajaib sesuka Anda sesuai dengan karya yang Anda tulis. Misalnya nama pengarang Cassandra akan sangat menjual sebagai pengarang novel romantis.
Walaupun kelihatannya menarik menggunakan nama samaran, namun Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum menggunakan nama samaran. Yang pertama adalah nama yang Anda plih harus unik, belum pernah dipakai oleh oang lain. Dan pastikan nama yang Anda pilih tersebut tidak memiliki arti yang negatif.
Satu konskuensi lain yang perlu diperhatikan apabila Anda memilih nama samaran adalah urusan pembayaran royalti. Anda tentu tidak bisa menggunakan nama samaran untuk membuka rekening bank. Pastikan Anda memberitahukan penerbit bahwa Anda menggunaka nama samaan dan nama samaran ini juga disebutkan dalam kontrak dengan penerbit.
Yang terakhir, bagaimanapun bagusnya nama samaran, lebih baik Anda lebih dulu mempertimbangkan menggunakan nama asli Anda, yang diberikan orang tua Anda. Orang akan lebih mudah mengetahui jejak karir Anda sebagai penulis ketimbang Anda menggunakan nama yang berbeda-beda.
oleh Didik Wijaya
Copyright Penerbit Escaeva

Terkait Khusus

Love Menulis 2072033291391706187

Langganan Artikel Gratis Lewat Email

Masukan Alamat Email Kamu:

Delivered by FeedBurner

FOLLOW US

ARTIKEL BARUNYA DI SINI

Recent Posts Widget

Aplikasi Islami Hp Android

AUDIO DAN DOWNLOAD

item